Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media simulator cisco packet tracer terhadap hasil belajar peserta didik SMKS YPPP Wonomulyo kompetensi adminitrasi infrastruktur jaringan dengan pembahasan firewall jaringan komputer. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah 2 kelas pada jurusan teknik komputer dan jaringan di SMKS YPPP Wonomulyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen mendapat nilai tuntas sebesar 10% untuk pretest dan 93,33% untuk posttest. Sedangkan peserta didik pada kelas kontrol mendapat  nilai tuntas sebesar 6,67% untuk pretest dan 50% untuk posttest. Dengan rata-rata peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 37,12% dan kelas kontrol 17,41%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media simulator Cisco Packet Tracer dan kelas yang tidak menggunakan media simulator Cisco Packet Tracer. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis simulator Cisco Packet Tracer efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TKJ di SMKS YPPP Wonomulyo.

Keywords

efektivitas cisco packet tracer

Article Details

How to Cite
Sam, N. E., & Nurmayanti, N. L. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran AIJ Berbasis Aplikasi Simulasi Cisco Paket Tracer. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 4(1), 48-54. https://doi.org/10.31605/jcis.v1i1.845