Main Article Content
Abstract
Penggunaan gambar sebagai media dalam belajar kosakata pada peserta didik kelas V di SD N 091288 di Sibaganding Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil dari sosialisasi dan observasi yang telah dilakukan,dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengenali kosakata sederhana yang berada disekitar mereka. Hal ini terlihat dari keantusiasan peserta didik dalam menjawab latihan sederhana yang diberikan serta banyaknya lembar jawaban yang terisi. Perbedaan latar belakang tidak menghambat peserta didik dalam mengetahui kosakata sederhana yang berada di lingkungannya dan di lingkungan sekolah. Sosialisasi dan observasi ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris secara umum terkhusus dalam mengenal kosakata sederhana bagi peserta didik sekolah dasar di kelas V SD N 091288 Sibaganding yang berjumlah 18 orang. Kendala yang ditemui dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan antar peserta didik dimana sebagian dari mereka mengikuti Les Bahasa Inggris dan sebagian lagi karena sering mendengar atau melihat kosakata tersebut . Desain penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Dalam Kelas) yang tahapannya diawali dengan tahapan persiapan,implementasi,dan evaluasi. Media gambar yang digunakan oleh tim sosialisasi ini sangat menarik perhatian peserta didik karena mereka merasa tidak bosan dan terasa seru karena dalam menjawab latihan sederhana tersebut dilakukan seperti games sehingga peserta didik merasa senang dan tidak cepat bosan. Hasil latihan sederhana melalui gambar ini 80% atau 14 peserta didik memenuhi KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui gambar yang dilakukan dengan sambil bermain sangat efektif untuk dilakukan pada tingkat dasar atau yang akan hendak mempelajari Bahasa Inggris untuk pertama kali