PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MAJENE

  • Musdalifah Universitas Sulawesi Barat
  • Jamil Barambangi Universitas Sulawesi Barat
  • Sartika Arifin Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Majene pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, dengan materi bangung ruang sisi datar.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siwa kelas VIII SMPN 1 Majene, sampel penelitian ini yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan VIII.E sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan nilai signifikansi pada kedua kelas 0, 000 < 0, 05 maka H0 ditolak.

Published
2023-06-20