PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SENDANA

  • Alfiani Universitas Sulawesi Barat
  • Herna Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Media Video Pembelajaran, Kemandirian Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran dalam pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar siswa kela XII IPA SMA Negeri 1 Sendana. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain contro grup design dengan sampel penelitian sebanyak 102 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan cluster random sampling sehingga mendapatkan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas control yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa lembar observasi ketelaksanaan pembelajaran oleg guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket kemandirian belajar, dan angket respon siswa. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai taraf signifikansi < 0.05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat dikatan bahwa terdapat perbedaan hasil kemandirian belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan uji N-Gain, ditemukan N-Gain pada pada kelas eksperimen adalah 0,62 atau dapat dikatan penggunaan media video pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol N-Gain adalah 0,46 termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kemandirian belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Sendana.

Published
2023-06-22