PENGARUH SELF REGULATED LEARNING DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SENDANA

  • Nurhidayah Universitas Sulawesi Barat
  • Herna Universitas Sulawesi Barat
  • Murtafiah Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Self regulated learning, kemampuan verbal, Prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulated learning dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sendana. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 50 siswa yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Sendana. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) angket self regulated learning; (2) tes kemampuan verbal; dan (3) tes prestasi belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis regresi linear. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) self regulated learning berada pada kategori tinggi; (2) kemampuan verbal berada pada kategori rendah; dan (3) prestasi belajar matematika berada pada kategori sangat rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) self regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dibuktikan dengan nilai     yaitu 3,160  2,012 dan nilai sig 0,003  0,05; (2) kemampuan verbal berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dibuktikan dengan nilai     yaitu 5,079  2,012 dan nilai sig 0,000  0,05; dan (3) self regulated learning dan kemampuan verbal berpengaruh secara Bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai      yaitu 18,895  3,20 dan nilai sig. 0,000  0,05.

Published
2024-07-05