PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MAJENE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing di SMA Negeri 2 majene. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental dengan desain pretest – posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 242 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih kelas XI.3 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran problem based learning dan XI.5 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran problem posing. Data penelitian diperoleh dari hasil instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, instrumen tes hasil belajar siswa, serta instrumen angket respon siswa. Kemudian data penelitian di analisis dengan menggunakan analasisi statistik deskriptif dan analaisis statistik inferensial. Hasil uji hipotesisi menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh untuk hasil belajar siswa 0,000, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Majene.