PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 ALU

  • Masnur Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana Universitas Sulawesi Barat
  • Aprisal Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Kepercayaan Diri Matematis, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Alu. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausal komparatif dengan sampel penelitian sebanyak 57 siswa SMP Negeri 3 Alu yang dipilih dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian terdiri dari: (1) tes pemahaman konsep matematis, (2) angket kepercayaan diri matematis, dan (3) tes hasil belajar matematika. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) persentase perolehan pemahaman konsep matematis berada pada kategori rendah, (2) persentase perolehan kepercayaan diri matematis berada pada kategori sedang, dan (3) persentase perolehan hasil belajar matematika berada pada kategori sangat rendah. Sementara itu hasil analisis inferensial yaitu: (1) pemahaman konsep matematis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, (2) kepercayaan diri matematis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika, dan (3) pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri matematis secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Published
2024-07-10