IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DI DESA JIPANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

  • Ady Hermawansyah Politeknik STIA LAN Makassar
  • Zarni Adia Purna Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Sugito Politeknik STIA LAN Makassar

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah penyakit yang disebkan oleh virus corona. Covid 19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga berdampak pada ekonomi masyarakat. Untuk mengurangi dampak ekonomi, pemerintah membuat kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Desa Jipang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Takalar adalah salah satu desa di Indonesia yang menyelenggarakan BLT Dana Desa. Ada beberapa kendala yang dihadapi pada saat pengimplementasian kebijakan seperti dalam pengimputan data, misalnya data yang di input merupakan data yang belum diperbaharui. Sehingga terjadi kesalahan seperti terdapat beberapa nama yang menerima bantuan selain (BLT dana desa). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kebijakan bantuan langsung tunai dana desa Di Desa Jipang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa dan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi kebijakan bantuan langsung tunai di Desa Jipang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode tersebut digunakan untuk menjawab rumusan masalah dan hasilnya menjelaskan bahwa Bantuan langsung tunai di Desa Jipang selama proses bantuan langsung tunai berlangsung tidak berjalan sebagai mana mestinya atau kurang optimal, hal ini terbukti dari faktor-faktor implementasi kebijakan yaitu struktur birokrasi, sumber daya, komunikasi, dan disposisi

References

Agustino, L. (2006a). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.
Agustino, L. (2006b). Dasar-Dasar Kebijakan Publik (Kesatu). Alfabeta.
Anderson, J. E. (2011). Public Policy Making. Waddworth.
Diayudha, L. (2020). INDUSTRI PERHOTELAN DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 : ANALISIS DESKRIPTIF Indonesian Hospitality Industry in the Covid-19 Pandemic : Descriptive Analysis. Journal RAME, 3(1).
Fitri, W., Yuridis, I., Status, P., & Nasional, B. (2020). Implikasi Yuridis Penetapan Status Bencana Nasional Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Terhadap Perbuatan Hukum Keperdataan Wardatul Fitri 1. SUPREMASI HUKUM JURNAL KAJIAN ILMU HUKUM, 9(1), 76–93.
Grindle, M. S. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third World. Princnton University Press.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hidayat, E. (2021). Implementasi kebijakan dana desa untuk penanggulangan pandemi covid-19 di sampang. SOETOMO COMMUNICATION AND HUMANITIES, 1, 126–136.
Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Muliani, N. M. (2020). COVID-19 : Perspektif Pendidikan (Issue June). yayasan Kita menulis.
Kasmad, R. (2013). Implementasi Kebijakan Publik (Issue September). Kedai Aksara.
Maun, C. E. F. (2020). MISKIN TERKENA DAMPAK COVID-19 DI DESA TALAITAD KECAMATAN SULUUN. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 9(2), 1–16.
Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.
Nawawi, I. (2009). Public Policy, Analisis, Strategi Advokasi Teori dan Pratek.
Revida, E., Hidayatulloh, A. N., Soetijono, Kurniawan, I., Hermawansyah, A., Purba, B., Tawakkal, M. I., Bahri, S., Pelu, M. F. A., Purba, S., & Asmarianti. (2020). Teori Administrasi Publik. yayasan Kita menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vPsAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=ady+hermawansyah&ots=7fKqYNdev7&sig=mrW0gnB7qCqSofU5HIG5vYHJb8U&redir_esc=y#v=onepage&q=ady hermawansyah&f=false
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 1–3.
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. AIPI.
Wahab, S. A. (1991). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Bumi Aksara.
Waluyo. (2007). Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi, Dan Implementasi) Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Mandarmaju.
Published
2022-12-14
How to Cite
Ady Hermawansyah, Purna, Z. A., & Sugito, A. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DI DESA JIPANG KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA . Jurnal Arajang, 5(2), 69-85. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i2.2141