ANALISIS HUBUNGAN RASIO KAPASITAS ANGKUT KENDARAAN DENGAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE

  • Muchlis mullis universitas sulawesi barat
  • Muhammad Harum
Keywords: Kapasitas angkut kendaraan, , angka kecelakaan, Kecamatan Banggae

Abstract

Terjadinya kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan Trans Sulawesi  khususnya Kecamatan Banggae Kabupaten Majene berbeda karakternya di masing-masing kelas jalan. Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene adalah Kapasitas angkut kendaraan yang melebihi muatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kapasitas angkut kendaraan terhadap angka kecelakaan dikecamatan banggae kabupaten majene.

Penelitian dilakukan di ruas jalan Trans sulawesi tepatnya di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene yang dibagi menjadi satu lajur dua arah per kecamatan yaitu Kecamatan Banggae, Banggae Timur. Data yang digunakan adalah data-data pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2016, yang meliputi data inventori jalan, volume arus lalu lintas dan data kecelakaan/fatalitas. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menganalisis hubungan antara rasio kapasitas angkut kendaraan dengan angka kecelakaan lalu lintas secara umum, menurut jenis kecelakaan dan bobot kecelakaan lalu lintas. Analisis dilakukan dengan mengacu pada data-data yang diambil dari dinas Perhubungan dan Satlantas Kabupaten Majene.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecelakaan di jalan Trans Sulawesi khususnya Kecamatan Banggae Kabupaten Majene yang menghubungkan tiap kelurahan/desa terjadi hubungan antara rasio volume per kapasitas dan angka kecelakaan jenis tunggal dan multi menunjukan hubungan polinomial yang berbeda. Pada kecelakaan tunggal menunjukan hubungan polinomial negatif sedangkan pada kecelakaan multi menunjukan hubungan polinomial positif. Berdasarkan bobot keparahan/fatalitas, kecelakaan dengan rata-rata bobot keparahan tertinggi terjadi pada kendaraan yang melebihi kapasitas angkut dan kendaraan yang dengan kapasitas angkut kendaraan yang rendah rata-rata bobot kecelakaan yang terjadi juga rendah. Rata-rata bobot kecelakaan semakin tinggi seiring kenaikan rasio volume per kapasitas sampai pada rasio volume per kapasitas tertentu. Dan kendaraan yang melebihi kapasitas angkut kendaraan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Published
2019-07-16