Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang menerapkan Model Auditory Intellectually Repetition yang dintegrasikan dengan Strategi Motivasi ARCS; Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kimia yang mengintegrasikan model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS; Mendeskripsikan  aktivitas siswa dalam pembelajaran kimia; Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran kimia yng mengintegrasikan model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS. Penelitian ini  adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Kota Kupang, NTT. Desain Penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh pakar dan kemudian diujicobakan. Variabel yang diidentifikasi adalah validitas, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Capaian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RPP & LKS, yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diimplementasikan ke lapangan,   Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan model auditory intellectually repetition yang diintegrasikan dengan strategi motivasi ARCS berkategori baik; Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran di kelas lebih terpusat pada siswa; Respon siswa adalah positip/baik.

Keywords

Auditory Intellectually Repetition ARCS Motivation

Article Details