ANALISIS KUALITAS SITUS WEB, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNA, DAN EFEKTIVITAS SISTEM E-LEARNING

Main Article Content

Anis Anshari Mas'ud
Mushaf Syafar
Ades Asike
Arifhan Ady Dj

Abstract

Penggunaan sistem e-learning semakin meningkat di sebagian besar negara. Dalam situasi saat ini akibat pandemi Covid-19, telah terjadi kebijakan yang mengerikan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, sistem pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis pengaruh kualitas website, persepsi kemudahan pengguna, dan efektivitas sistem E-Learning sebagai variabel intervening pada mahasiswa Universitas Dipa Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang menjelaskan pengaruh beberapa variabel dengan melakukan pengujian hipotesis. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Dipa Makassar dengan sampel 270 responden dengan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas website berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemudahan penggunaan, serta persepsi kemudahan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas sistem e-learning, dan kualitas website berpengaruh positif terhadap efektivitas sistem e-learning melalui persepsi kemudahan penggunaan. Penelitian ini menggunakan model teoritis Technology Acceptance Model yang merupakan model yang mampu menjelaskan secara spesifik penerimaan suatu sistem teknologi dalam kegiatan atau efektivitas pembelajaran berbasis sistem e-learning. Semakin baik kualitas website dari sistem e-learning, maka semakin besar pula kemudahan persepsi pengguna dan tingkat kepercayaan dalam penggunaan sistem e-learning tersebut.

Article Details