ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE SHOPEE DI MAJENE SULAWESI BARAT Analysis Of Factors Affecting TrustIn Using E-Commerce Shopee In Majene West Sulawesi Section Articles

Main Article Content

Ayu Lestari
Prof. Dr. Sfenrianto

Abstract

Maraknya kasus penipuan belanja online membuat sebagian masyarakat khususnya di kawasan Majene, Sulawesi Barat, takut untuk melakukan transaksi secara online. Orang cenderung berbelanja langsung di pasar, atau mereka memesan barang dari penjual yang mereka kenal baik. Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa dipengaruhi oleh banyak hal yang berkaitan dengan produk tersebut, antara lain manfaat, harga, merek, dan lain-lain. Maraknya kasus mengenai detail produk yang tidak sesuai dengan barang yang datang, membuat minat sebagian orang untuk berbelanja online berkurang. Kepercayaan konsumen terhadap e-commerce atau kepercayaan online dipengaruhi ketika melakukan transaksi barang atau jasa yang diinginkan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan mengambil sampel sebanyak 150 responden. Penelitian ini menggunakan algoritma SmartPls dengan menghitung 150 responden dan memiliki 5 hipotesis. Dari kelima hipotesis tersebut, terdapat 2 hipotesis yang diterima yaitu E-Commerce Knowledge dan Perceived Risk. Untuk penelitian selanjutnya dengan model penelitian ini diharapkan dapat diujicobakan di daerah lain dan jumlah responden lebih banyak.

Article Details