PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI FEAR OF MISSING OUT The Influence of Social Media on Millennials' Investment Decision Making Through Fear Of Missing Out Section Articles
Main Article Content
Abstract
Internet telah menjadi bagaian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, terutama bagi generasi milenial yang tumbuh dengan teknologi yang canggih. Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar pada generasi milenial, mereka sering memanfaatkan platfrom digital untuk memperoleh informasi terkait trik dan tips investasi melalui media sosial, untuk membantu mengambil keputusan investasi. Dengan melakukan investasi dapat membangun kehidupan dimasa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menguji hubungan antar variabel. Penelitian dilaksanakan di Luwu Utara, data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner elektronik yang disebarkan menggunakan Google Form. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPls. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi generasi milenial di Luwu Utara, Selain itu media sosial juga memiliki pengaruh terhadap fear of missing out dan fear of missing out memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi secara parsial. Sedangkan media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi generasi milenial yang dimediasi oleh fear of missing out.