Main Article Content

Abstract

Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat yang banyak terjadi dan tersebar di seluruh dunia, baik di negara berkembang maupun negara miskin. Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rawan menderita anemia. Remaja putri memiliki resiko sepuluh kali lebih besar untuk menderita anemia dibandingkan remaja putra. Salah satu faktor terjadinya anemia gizi besi yaitu asupan dan serapan zat besi yang tidak adekuat, dikarenakan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dapat mengganggu penyerapan zat besi. Pengetahuan seseorang akan sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan gizi terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia di MTs DDI Lapeo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dimana bentuk desain yang dipakai adalah one group pre-test dan post-test dengan jumlah sampel sebanyak 62 orang. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengetahuan tentang anemia yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa penyuluhan gizi p(<0,05).  

Keywords

Indonesia

Article Details

References

  1. Budiarti, A., Anik, S., & Wirani, N. P. G. (2021). Studi Fenomenologi Penyebab Anemia Pada Remaja Di Surabaya. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(2).
  2. Caturiyantiningtiyas, T. (2015). Artikel Penelitian Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Dengan Kejadian Anemia Remaja Putri Kelas X Dan Xi Sma Negeri 1 Polokarto.
  3. Chairunnisa, O., & Probosari, E. (2019). Perbedaan Kadar Hemoglobin Pada Santriwati Dengan Puasa Daud, Ngrowot Dan Tidak Berpuasa Di Pondok Pesantren Temanggung Jawa Tengah. Journal of Nutrition College, 8(2), 54. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/
  4. Hidayati, K. B. (2016). Konsep Diri, Adversity Quotient Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 137–144.
  5. Islami, D. K. (2020). Gambaran Kejadian Anemia Pada Siswi Pengurus Uks Di Smk Negeri 1 Tempel Sleman Tahun 2019.
  6. Listiana, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Gizi Besi Pada Remaja Putri Di Smkn 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah.
  7. Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Rinieng NurSyàBani, I., & Sumarmi, S. (2016). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. In Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (Vol. 1, Issue 1).
  9. Sohora, S., Afriani, A., & S, Anita. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Paritas Terhadap Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Desa Kurma Kecamatan Mapilli. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 752. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2776
  10. Telaumbanua, D. (2020). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Anemia Defisiensi Besi Serta Kejadian Anemia Di Sma Swasta Sinar Harapan Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang Karya Tulis Ilmiah diajukan sebagai syarat untuk menyelesaikan Program.