Main Article Content

Abstract

Anak sekolah merupakan sasaran strategis dalam perbaikan gizi masyarakat. Hal ini menjadi penting karena anak sekolah sedang mengalami pertumbuhan secara fisik dan mental yang sangat diperlukan untuk menunjang kehidupannya di masa mendatang (Depkes RI, 2005). Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk melihat gambaran status gizi murid Sekolah Dasar usia 6-7 tahun di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel secara accidental sampling, dengan kriteria inklusi berada ditempat saat pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan pada anak usia sekolah (6-7 tahun) berdasarkan indeks IMT menurut umur sebagian besar berada pada status gizi baik namun tetap ditemukan anak dengan status gizi kurang dan gizi lebih. Berdasarkan indeks TB menurut umur, ditemukan bahwa meskipun cukup banyak anak yang tidak mengalami stunting, namun jumlah anak yang mengalami stunting dan stunting berat lebih banyak dibandingkan anak yang tidak mengalami stunting atau normal. Kesimpulan perbaikan gizi pada anak usia sekolah perlu diupayakan oleh banyak pihak termasuk didalamnya adalah orang tua dan keluarga siswa, pihak sekolah, serta pemerintah sebagai penentu kebijakan.


 


Kata kunci:  anak usia 6-7 tahun; status gizi anak; stunting

Keywords

anak usia 6-7 tahun; status gizi anak; stunting

Article Details

References

  1. Aria, Y., Suyanto, N. and Restuastuti, T. (2016) ‘Gambaran Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti’, JOM FK, 3(2).
  2. Depkes RI (2005) Pedoman Perbaikan Gizi Anak Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat.
  3. Fatonah, R.D. (2011) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Balita Usia 06-60 Bulan Di Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang Th 2011’, Program Studi Gizi, pp. 1–21.
  4. Moehji, S. (2003) Imu Gizi (2). Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
  5. Nurhaedah, Fitri, L. and Asmy, U. (2024) ‘Analysis of Factors Associated with Nutritional Status in School-Age Children at SD Negeri 10 Benteng Sidrap Regency’, International Journal of Health Sciences (IJHS), 2(1), pp. 156–166. Available at: https://doi.org/10.59585/ijhs.
  6. Soetjiningsih (2012) Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
  7. Suresh Nalaka, G.P., Diunugala, H.P. and Maduwansha, N. (2018) ‘Factors Influencing the Nutritional Status of Primary School Children in the Estate Sector’, in Proceeding of Jaffna University International Research Conference, pp. 7–9. Available at: https://www.researchgate.net/publication/359855327.
  8. UNICEF (2020) Nutrition, for Every Child: UNICEF Nutrition Strategy 2020-2030. New York: UNICEF. Available at: www.unicef.org.