Main Article Content
Abstract
Penelitian ini secara tujuan dilakukan untuk mengetahui suatu kelayakan, kepraktisan dan keefektifan produk berupa modul fisika berbasis PBL sebagai media untuk memberi kemudahan siswa dalam belajar berupa materi fluida statis. Metode penelitian yang dipergunakan yakni berupa “Research and Development yang dilakukan penyebutan dan penyingkatan menjadi (R&D)” dengan suatu model berupa “Borg and Gall”. Subjek dari penelitian yakni siswa XII.3 yang menjadi kelas kontrol dan XII.2 yang menjadi kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing dari siswa per kelas yakni 33 siswa. Adapun hasil yang diperoleh adalah: 1) Hasil dari validasi ahli yang sifatnya di media diperoleh dalam persentase dengan besaran 82,9% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil validasi dari ahli yang sifatnya di materi diperoleh dalam persentase dengan besaran 86,9% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil dari uji coba di lapangan awal (skala kecil) diperoleh dalam persentase dengan besaran 86% dengan kategori “sangat praktis” 3) Hasil dari uji independen sample t-test diperoleh nilai berupa signifikansi 2-tailed dalam desimal dengan besaran 0.000 dengan keterangan modul fisika berbasis model PBL pada cakupan materi fluida statis efektif untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa modul fisika yang basisnya berupa PBL di cakupan materi fluida statis layak, praktis, dan juga efektif untuk dipergunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).