Main Article Content

Abstract

Penelitian ini secara tujuan dilakukan untuk mengetahui suatu kelayakan, kepraktisan dan keefektifan produk berupa modul fisika berbasis PBL sebagai media untuk memberi kemudahan siswa dalam belajar berupa materi fluida statis. Metode penelitian yang dipergunakan yakni berupa “Research and Development yang dilakukan penyebutan dan penyingkatan menjadi (R&D)” dengan suatu model berupa “Borg and Gall”. Subjek dari penelitian yakni siswa XII.3 yang menjadi kelas kontrol dan XII.2 yang menjadi kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing dari siswa per kelas yakni 33 siswa. Adapun hasil yang diperoleh adalah: 1) Hasil dari validasi ahli yang sifatnya di media diperoleh dalam persentase dengan besaran 82,9% dengan kategori “Sangat Layak”, dan hasil validasi dari ahli yang sifatnya di materi diperoleh dalam persentase dengan besaran 86,9% dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil dari uji coba di lapangan awal (skala kecil) diperoleh dalam persentase dengan besaran 86% dengan kategori “sangat praktis” 3) Hasil dari uji independen sample t-test diperoleh nilai berupa signifikansi 2-tailed dalam desimal dengan besaran 0.000 dengan keterangan modul fisika berbasis model PBL pada cakupan materi fluida statis efektif untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa modul fisika yang basisnya berupa PBL di cakupan materi fluida statis layak, praktis, dan juga efektif untuk dipergunakan dalam pembelajaran.

Keywords

Modul Bahan Ajar Problem Based Learning Pengembangan Fluida Statis

Article Details

How to Cite
Nada, Q., Syafrizal, S., Andriani, R., Sakdiah, H., & Fadieny, N. (2024). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 7(1), 6 - 15. https://doi.org/10.31605/phy.v7i1.4244