Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT menggunakan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elastisitas kelas Xl MAN 3 Aceh Utara. Jenis penelitian quasi eksperiment, desain Nonequivalent control grup design. Populasi kelas XI MAN 3 Aceh Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang diambil kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI  MIA 3 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah 18 siswa. Pengumpulan data  menggunakan instrument tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan bantuan software SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dengan nilai rata-rata pretest 28,88 dan rata-rata posttest sebesar 85. Sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 28,61 dan rata-rata posttest yaitu 71. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikan 0,20 diperoleh nilai signifikan sebesar 0.00 ≤ 0,20. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai N-gain untuk kelas eksperimen sebesar 78% dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 61% dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi elastisitas kelas XI MAN 3 Aceh Utara dengan penerapan model pembelajaran NHT menggunakan media Mind Mapping.

Keywords

Hasil Belajar Mind Mapping Numbered Head Together

Article Details

How to Cite
Damanik, V., Novita, N., Daud, M., Siska, D., & Sakdiah, H. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(2), 51 - 58. https://doi.org/10.31605/phy.v4i2.1535