Main Article Content
Abstract
Revolusi teknologi telah membawa Artificial Intelligence (AI) khususnya ChatGPT menjadi alat potensial dalam pendidikan termasuk Fisika meski penggunaannya masih baru. ChatGPT dapat membantu menjelaskan konsep sulit, namun akurasi informasinya masih dipertanyakan. Kajian literatur diperlukan untuk mengetahui sejauh mana ChatGPT telah berkontribusi dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi jurnal, asal negara penulis, dan tema penelitian terkait ChatGPT dalam pengajaran dan pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan PRISMA framework yang memiliki tahapan 1) identifikasi, 2) penyaringan dengan memperhatikan kriteria inklusi dan ekslusi, dan 3) analisis data untuk menentukan tema penelitian. Distribusi jurnal menunjukkan dominasi Physical Review Physics Education Research (41,67%), dengan penulis mayoritas berasal dari Eropa (66,67%). ChatGPT memiliki banyak manfaat dalam pengajaran dan pembelajaran fisika antara lain dalam persiapan pengajaran, proses pembelajaran, asesmen pembelajaran, dan dalam praktikum. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan ChatGPT dalam menyelesaikan berbagai soal fisika secara teoritis dan konseptual. Penelitian ini menyajikan informasi penting bagi penelitian pendidikan fisika dan pelaksanaan pengajaran fisika.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).