Main Article Content

Abstract

SMP Negeri 4 Tinambung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Namun praktek pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru di sekolah tersebut masih jauh dari pembelajaran berbasis HOTS, sementara kurikulum 2013 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini bertujuan untuk mendampingi guru dalam merancang pembelajaran berbasis HOTS. Metode pelaksanaan PKMS ini berupa ceramah, workshop, dan simulasi. Hasilnya adalah pemantapan konsep guru-guru SMPN 4 Tinambung terkait pembelajaran berbasis HOTS, dan perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang disusun oleh guru-guru tersebut melalui kegiatan workshop dan telah disimulasikan pada kelasnya masing-masing.


 


Kata kunci: Pembelajaran HOTS, Perangkat Pembelajaran

Keywords

Pembelajaran HOTS Perangkat Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Herna, H., Damayanti, M., & Supardi, S. (2023). Peningkatan Keahlian Guru dalam Membentuk Siswa untuk Memiliki High Order Thinking Skills (HOTS) melalui Pembelajaran Berbasis HOTS di SMP Negeri 4 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71 - 77. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v1i2.2183

References

  1. Agusta, A. R. & Sa’dijah, C. (2021). Kesiapan Guru Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Mengemas Perangkat Pembelajaran. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 3(2), 402-424.
  2. Barrat, C. (2014). Higher Order Thinking and Assesment. International Seminar on Current Issues in Primary Education: Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Makassar.
  3. Brookhart, S. M. (2010) Assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
  4. Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2011). Educational assessment of students (6rd ed.). Boston: Pearson.
  5. Costa, A. L. (1991). Developing Minds: Programs for Teaching Thinking (Rev.Ed). Volume 2. Alexandria: ASCD.
  6. Murray, E. C. (2011). Implementing higher-order thinking in middle school mathematics classrooms (Doctoral dissertation). University of Georgia.
  7. Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2), 78-88.