Main Article Content

Abstract

Indonesia sekarang ini memasuki masa New Normal atau kehidupan baru yang mana pemerintah memberikan arahan agar masyarakat memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan lain sebagainya. Pada masa ini siswa mulai kembali melakukan kegiatan sekolah secara normal tapi masih dibatasi dengan protokol kesehatan. Namun, karena mereka telah terbiasa dengan pembelajaran Daring, jadi siswa hanya memiliki sedikit semangat belajar karena mereka merasa nyaman belajar di rumah dengan menggunakan hand phone dan bisa membuka aplikasi-aplikasi sosial media. Melihat situasi ini, tim pengabdian yang merupakan Mahasiswa universitas sulawesi barat yang terdiri dari 10 mahasiswa bekerja sama melakukan kegiatan pengabdian sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar siswa MAN 1 POLMAN melalui kegiatan perlombaan Ranking 1 dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Rangking 1 merupakan suatu teknik pembelajaran melalui sebuah perlombaan dalam upaya untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah kuis interaktif menggunakan media IT Quizizz. Hasil yang didapat dari perlombaan ini menjadisalah satu upaya dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

Keywords

Pendidikan Minat belajar Perlombaan Quiziz

Article Details

How to Cite
Hidayah, N., Ulfah, M., Amin, N., & AR, R. A. (2023). Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Rangking 1. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48 - 54. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.2477

References

  1. Aprianto Abdurahman, D. F. (2021). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN RANKING 1. At-tamkin: Jurnal
  2. pengabdian kepada masyarakat.
  3. Matdio.Siahaan. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia.
  4. Jurnal Kajian Ilmiah,1-3.
  5. Tandi, Mirian, and Mesta Limbong. 2021. “Evaluasi Hasil Belajar Siswa SMA Kristen Barana‟Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Masa New Normal”. Jurnal manajemen Pendidikan 10(1):13-20.
  6. Unik Hanifah Salsabila, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi
  7. Wahyu Hidayat, S.M. (2021, January 22). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Guru dan Orang Tua Siswa