Main Article Content

Abstract

Pelatihan Kegiatan Penelitian untuk Menghasilkan Smart Project diarahkan untuk membantu peserta didik dalam menentukan ide dan judul penelitian yang nanti dapat disusun proposal penelitiannya untuk diusulkan pada kompetensi penulisan KTI di sekolah. Informasi awal dari peserta didik bahwa mereka tidak pernah mengikuti pelatihan mengenai penulisan KTI baik yang diadakan secara offline ataupun online. Sasaran kegiatan PKMM ini adalah peserta didik SMA negeri 1 Pamboang. Kegiatan PKMM ini bertujuan membantu peserta didik dalam menentukan ide dan judul penelitian yang nanti dapat disusun proposal penelitiannya. Metode pelaksanaan PKMM ini adalah memberikan pengetahuan melalui ceramah tatap muka, menggunakan cara belajar orang dewasa, serta diskusi dan tanya jawab. Luaran dari aspek akademik yang dapat dihasilkan dari pengabdian ini adalah publikasi ilmiah. Luaran yang lain adalah berupa kemampuan peserta didik dalam menentukan ide dan judul penelitian yang nanti dapat disusun proposal penelitiannya.

Keywords

Karya tulis ilmiah Penelitian Smart project

Article Details

How to Cite
Sainab, S., Jirana, J., & Damayanti, M. (2023). Pelatihan Kegiatan Penelitian Untuk Menghasilkan Smart Project Student . SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 70-75. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.2986

References

  1. Jendrius, dkk. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Palembang. Palembang: Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas.
  2. Kurniawati,D., Agustini , V., Ariyani, V. ( 2018). Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Remaja Bagi Siswa-Siswi SMAN 6 Dan MAN 2 Kota Madiun. Warta Abdimas No. 01 Tahun I/Juni 2018.
  3. Marselina, Suci. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas XI Man I Kota Sungai Penuh. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4, No. (1) Mei 2018.
  4. Tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud. (Tanpa Tahun). Modul Pelatihan Teknis Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Jakarta: Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.