Main Article Content

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Penguatan Sinergitas Program Pilot Project GELARI PELANGI (Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Ekonomi) Pokja 2 Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP-PKK Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat dan TP-PKK Provinsi Sulawesi Barat, ditujukan untuk menghasilkan : (1) Program Kerja dan Kegiatan Pokja 2 Tahun 2024 TP-PKK Provinsi Sulawesi Barat yang sinergis dan menjaga kontinuitas program kerja tahun 2023 guna mendukung penguatan program GELARI PELANGI provinsi Sulawesi Barat, dan (2) Penentuan lokus dan kegiatan pelaksanaan Pilot Project GELARI PELANGI Provinsi Sulawesi Barat yang sinergis dengan kebutuhan kontekstual lokus (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten yang bersangkutan) dan provinsi maupun selaras dengan indikator GELARI PELANGI yang telah ditetapkan. Adapun metode yang dilakukan yakni menerapkan 10 langkah Sistematis, yakni: Langkah 1. Orientasi Umum oleh Pj. Ketua, Langkah 2. Konsolidasi Pokja 2 pengarahan oleh Pj. Ketua, dan penguatan program oleh Staf ahli Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga, Langkah 3. Orientasi dan Penguatan Pemahaman tentang GELARI PELANGI kepada pengurus Pokja 2 TP-PKK kabupaten Se-Sulawesi Barat, Langkah 4. Visitasi Lapangan: Supervisi dan Koordinasi ke Kabupaten, Langkah 5. Pemberian Fasilitasi Kesiapan kepada stakeholder kab. maupun provinsi, Langkah 6. Penentuan kegiatan dan lokus Pilot Project Kabupaten, Langkah 7. Penentuan usulan pilot project GELARI PELANGI provinsi Sulawesi Barat, Langkah 8. Penetapan Final pilot project GELARI PELANGI provinsi, Langkah 9. Monitoring dan Evaluasi, visitasi lapangan, penilaian ke setiap lokus pilot project GELARI PELANGI, Langkah 10. Tindak Lanjut. Adapun hasil yang diperoleh dari 10 langkah sistematis tersebut, telah dapat mencapai tujuan PKM sebagaimana dikemukakan di atas.

Keywords

Penguatan Sinergitas Pilot Project TP-PKK

Article Details

How to Cite
Triyanti, N., Hajati, K., Thamrin, H., Jaun, N., & Mustari, I. A. (2023). Penguatan Sinergitas Program Pilot Project GELARI PELANGI Pokja 2 Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP-PKK Kabupaten Se-Provinsi Sulawesi Barat dan Pokja 2 TP-PKK Provinsi Sulawesi Barat. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1 - 18. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i1.3027

References

  1. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian dalam Negeri dan Tim Penggerak PKK Pusat. (2021), Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024 (BUKU 1) Hasil Rakernas IX PKK.
  2. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian dalam Negeri dan Tim Penggerak PKK Pusat. (2021). Strategi Gerakan PKK (BUKU 2).
  3. Laporan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Barat. Peningkatan Ekonomi Inklusif dan Daya Saing Sumberdaya Manusia. Disampaikan dalam acara: Musrenbang RKPD Tahun 2024 (13 April 2023).
  4. Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Tim Satgas. (2023). Akselerasi Penanganan Masalah Pembangunan Manusia (Four Major Obstruction) dan Penanganan Inflasi Daerah Provinsi Sulawesi Barat.
  5. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Pusat, Pokja 2 TP PKK Pusat. (2021). BUKU PETUNJUK TEKNIS Program Gerakan KeluargaIndonesiadalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (GELARI PELANGI).