Main Article Content

Abstract

Kegiatan Lesson Study memegang peran sentral dalam upaya pengembangan profesionalisme guru serta peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Dalam era yang terus berkembang dengan tuntutan yang semakin kompleks di bidang pendidikan, guru tidak hanya diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam kelas tetapi juga agen perubahan yang berkontribusi pada peningkatan sistemik dalam pembelajaran, Melalui pelatihan Lesson Study guru tidak hanya dapat memperbaiki proses pembelajaran tetapi juga membangun komunitas belajar, mendapatkan data hasil perbaikan proses pembelajaran yang dapat digunakan dalam menghasilkan artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan Lesson Study ini dilakukan dari bulan Mei hingga Agustus 2023. Pelatihan dilakukan di SMP Negeri 2 Tinambung yang diikuti oleh guru dari berbagai mata pelajaran sejumlah 32 orang. Pelaksanakan kegiatan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan dimulai dari tahapan persiapan yang terdiri dari koordinasi dengan mitra terkait permasalahan serta solusi yang ditawarkan, kemudian tahapan perencanaan kegiatan, tahapan persiapan kegiatan pelatihan, tahapan pelaksanaan pelatihan, tahapan monitoring dan pandampingan, dan tahapan evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi terkait kepuasaan mitra menunjukkan hasil positif pada setiap indaikator kepuasaan.

Keywords

Lesson Study Merdeka Belajar Guru

Article Details

How to Cite
Pujiastuti, I. P., Irfan, M., & Yunus, M. R. K. (2024). Pelatihan Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru SMP di Era Merdeka Belajar. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 82 - 90. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i2.3602

References

  1. Basri, H. (2022). Pendampingan Kegiatan Lesson Study (LS) di SDN Sumedangan 2 Padewawu. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2 (2).
  2. Fikri, K. (2014). “Implementasi Lesson Study Dalam Membentuk Learning Community di Program Studi Pendidikan Biologi”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Sains. Program Studi Pendidikan Matemtaika FKIP Universitas Jember.
  3. Harputra, Y. (2021). Pelatihan lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat RADISI. Vol 1 (1)
  4. Suratno, T. (2009) ‘Toward a Fruition of Lesson Study in Indonesia: The case of technical cooperation between Faculty of Mathematics and Science Education (FOMASE) UPI and Japan International Cooperation Agency (JICA)’, in Committee of International Symposium the Launching of Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) Indonesia University of Education (UPI). New Paradigm of Education for Improving the Quality of Life.
  5. Supranoto, H. 2015. Penerapan Lesson Study Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru Sma Bina Mulya Gadingrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3 (2)
  6. Syamsuri, I. (2011). Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
  7. Wiwit. (2023). Pelatihan Lesson Study Guna Reformasi Sekolah untuk Komunitas Belajar Bagi Guru IPA di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. ANDROMEDIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia Vol 3 (1)