Main Article Content

Abstract

Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang penggunaan komputer dan pengenalan terhadap Microsot office yaitu Microsoft word di Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Permasalahan yang terjadi yaitu anak-anak SD sampai dengan SMP belum semua mengenal tools yang ada di Microsoft word. Oleh sebab itu perlu untuk mengenalkan perangkat tersebut kepada mereka. Metode pelaksanaan pengabdian ini melalui tiga tahapan yaitu pertama pengenalan alat, kedua praktek dan ketiga sesi tanya jawab. Kegiatan pengabdian ini diberikan  kepada anak sekolah pada jenjang pendidikan SD sampai dengan SMP yang melibatkan Ecodefender, Lantamal X, Dosen FMIPA Uncen, Mahasiswa/i dari Fakultas Teknik Jurusan Planologi serta Mahasiwa Ilmu Perikanan (IKP) dan SI (Sistem Informasi). Kegiatan yang dilakukan oleh Dosen FMIPA Uncen yaitu perihal pengajaran dan pendampingan tentang Microsfot Word kepada siswa/siswi SMP dan diadakan sebanyak dua kali dari bulan Maret sampai dengan April Tahun 2023.

Keywords

Pemberdayaan Mengajar Microsoft Word Kampung Enggros

Article Details

How to Cite
Tuhumena, L., Hamzah, H., Kuddi, B. F., Appa, F. E., Papriani, N. P., Pattinaja, Y. I., Tomasila, L. A., Gea, L., Sumardi, S. R., Mishbach, I., Umbekna, S., & Paranoan, N. R. (2024). Pemberdayaan Masyarakat dengan Mengajari Microsoft Word Bagi Anak Muda di Kampung Enggros, Kota Jayapura. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 180 - 189. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i2.3694

References

  1. Díaz, P., Loannou, A., Bhagat, K. K., & Spector, J. M. (2019). Learning in a Digital World. Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.
  2. Jagannathan, S. (2021). Source Reimagining Digital Learning for Sustainable Development. New York: Publish Routledge.
  3. Jones, K. A., & Sharma, R. S. (2021). Higher Education 4.0: The Digital Transformation of Classroom Lectures to Blended Learning. Singapore: Springer.
  4. Morgado, F. (2017). Microsoft Word Secret. New York: Springer Science + Business Media.
  5. Wardhanie, A. P., dan Kristin Lebdaningrum. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Word Pada Pelajar SD Dan SMP Di Private Course Dwi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi. 2 (2) ; 34-42. Doi: https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i2.145