Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujuakan untuk guru. Adapun jenis kegiatannya berupa bimbingan teknis penerbitan karya tulis ilmiah pada jurnal nasional bagi guru SMK. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan guru tentang cara menerbitkan artikel di Jurnal nasional. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 2 Maros yang diikuti oleh 38 guru. Pelaksanaan kegiatan yang dipaparkan mengenai pemilihan jurnal yang tepat dan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki dilanjutkan dengan penyesuaian template terhadap jurnal yang dipilih begitu pula dengan biaya penerbitan untuk setiap jurnal.

Keywords

Bimbingan Teknis Artikel Karya Tulis Ilmiah Guru SMK

Article Details

How to Cite
Quraisy, A., Takdirmin, T., Mutmainnah, M., Ma’rup, M., Gaffar, A., Syahri, A. A., Ernawati, E., Ramdani, R., Mahmud, R. S., & Syamsuadi, A. (2024). Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel Pada Jurnal Nasional Bagi Guru SMK. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 160 - 164. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v2i2.3698

References

  1. Aina, M., Bambang H, Retni SB, Afreni H, Ali Sadikin. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 30(3), 29-32.
  2. Febrian, WD., Maq, MM., Sa'diyah, Rijal, S., Handayani, ES. (2023). Pengenalan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Dan Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel Pada Jurnal Sinta Bagi Guru-Guru Madrasah di Pinggiran Kota. Journal of Human And Education. 3(2), 165-171. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.184
  3. Ilfiandra, Suherman, U., Akhmad, SN., Budiamin, A., Setiawati. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 1(1), 70-81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10
  4. Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208
  5. Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru MTS DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589
  6. Noorjannah, L. (2014) .Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97-114.
  7. Novi Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, FD., Parjono. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI. 2(2), 45-50. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
  8. Satiti, WS. & Ami, MS. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UNWAHA. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(2), 105-110. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i2.2581
  9. Wibowo, DC., Sijono & Aristo, TJV. (2021). Pengenalan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Bimbingan Teknis Penerbitan Artikel Pada Jurnal Ilmiah Bagi Guru-Guru SD, SMPN 6 SATAP di Kecamatan Sepauk. JPMK : Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa. 4(1), 9-19. https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.1099