Main Article Content

Abstract

Sharing session merupakan kegiatan berbagi informasi, bertukar  pikiran, dan pendapat mengenai topik tertentu. Pengabdian ini berisi tentang kegiatan sharing session scholarship opportunities and challenge yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa agar lebih antusias untuk melanjutkan studi dengan beasiswa baik itu melanjutkan studi magister dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) atau melanjutkan ke Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) melalui beasiswa PPG. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 04 Juni 2024 pukul 09:00 - 11.00 melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh mahasiswa Pendidikan bahasa inggris angkatan 2021 sebanyak 76 orang. Pada tahap sharing session, materi yang diberikan yakni Tips dan Trik untuk menjadi Awardee LPDP dan Awardee PPG. Berdasarkan, hasil observasi selama kegiatan berlangsung, kegiatan ini membuat mahasiswa begitu antusias mulai dari pembukaan hingga penutup. Pengabdian ini membuat mahasiswa tergugah untuk menambah pengalaman, termotivasi untuk mengembangkan soft skill, termotivasi untuk terus meng-upgrade diri untuk bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikan, termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri melalui beasiswa, agar menjadi lebih kompeten dan berkontribusi pada masyarakat, tergugah untuk memperbaiki kebiasaan mereka yakni akan lebih giat belajar dan berusaha untuk meningkatkan kualitas skills dan aktif di berbagai kegiatan, dan termotivasi untuk menyiapkan segala hal sebelum mendaftar beasiswa

Keywords

Motivasi Studi Sharing Session Opportunities Challenge

Article Details

How to Cite
Paris, N., Hustiana, H., & Junaedi, A. (2024). Peningkatan Motivasi untuk Melanjutkan Studi bagi Mahasiswa melalui Sharing Session Scholarship Opportunities and Challenges. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 35 - 44. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v3i1.4097

References

  1. Akhnaf, Ardhito Faza, Resdiyanti Permata Putri, Aqsa Vaca, Novita Putri Hidayat, Rizka Iznania Az-Zahra, and Ahmad Rusdi. 2022. “Self Awareness Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni 6(1):107. doi: 10.24912/jmishumsen.v6i1.13201.2022.
  2. Aryani, Ni Putu Devi, and Ni Made Adi Erawati. 2016. “Pengaruh Motivasi Kualitas, Karir, Ekonomi, Dan Biaya Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.” 16:362–87.
  3. Azlina, Nur Azlina, Aspin Aspin Aspin, and Dodi Priyatmo Silondae. 2021. “Harapan Orang Tua Dan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.” Jurnal Sublimapsi 2(3):1. doi: 10.36709/sublimapsi.v2i3.11477.
  4. Boadu, Nicholas Aning, Francis Tetteh-Osei, Collins Appiah, and Theophilus Kweku Bassaw. 2022. “Evaluation of Social Studies Nature, Goals, and Objectives: Teachers Knowledge in Lesson Presentations.” Open Journal of Educational Research 2(6):301–12. doi: 10.31586/ojer.2022.493.
  5. Cahyono, Yosi Ragil, and Ahmad Gunawan. 2024. “Pentingnya Memiliki Soft Skill Bagi Calon Pekerja Sebagai Keterampilan Kesiapan Kerja.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital 01(03):357–61.
  6. Ekowati, Dyah Worowirastri, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, Innany Mukhlishina, and Beti Istanti Suwandayani. 2019. “Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3(1):93. doi: 10.30651/else.v3i1.2541.
  7. Fadllilah, Muhamad Rizki, and Sri Mulyeni. 2023. “Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Islam Assalafiyah Cibiuk-Garut.” Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1(4).
  8. Gusmi, Nabila Putri. 2020. “Minat Siswa Dalam Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Di SMK Negeri 1 Talang Ubi.” Jurnal Wahana Konseling 3(2):90–98. doi: 10.31851/juang.v3i2.4855.
  9. Hasanah, Rohmatul, Aminatus Zakhra, and Imam Agus Faisol. 2021. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Studi Lanjut Magister Akuntansi Se Madura.” Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi) 9(01):17–22. doi: 10.31102/equilibrium.9.01.17-22.
  10. Hermina, Utin Nina, Muhammad Toasin Asha, and Desvira Zain. 2022. “Pengaruh Pemberian Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Perspektif Administrasi Dan Bisnis 3(1):7–12. doi: 10.38062/jpab.v3i1.25.
  11. Husain, Rusmin. 2020. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri … 1(2012):12–21.
  12. Ibrahim, I. D. K., R. Anggriani, R. B. F. I. Sidharta, I. Cahyadi, N. G. A. Dasriani, F. N. Fedrich, and B. R. Maulana. 2023. “Sharing Session Prospek Jurusan Manajemen.” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi 1(3):389–98.
  13. Moonti, Usman, Melizubaida Mahmud, Irwan Yantu, Aqil Bahsoan, and Abdul Kitfir Albakir. 2022. “Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Studi Di Program Studi Pendidikan Ekonomi.” Jambura : Economic Education Journal 4(1):66–72. doi: 10.37479/jeej.v4i1.13488.
  14. Mufidah, Faradila Azka. 2019. “Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi.” Fakultas Psikologi 1(2023):6–7.
  15. Permana, Ramdan A., Tatang Permana, and Asep H. Sasmita. 2017. “Eksplorasi Minat Bekerja, Berwirausaha, Dan Melanjutkan Studi Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin UPI.” Journal of Mechanical Engineering Education 4(1):108. doi: 10.17509/jmee.v4i1.7449.
  16. Rabani, Friska Ayu Nur. 2023. “Analisis Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Perekonomian.” Jurnal Pendidikan Sultan Agung 3(2):113. doi: 10.30659/jp-sa.3.2.113-122.
  17. Rorlen, Rorlen, Miharni Tjokrosaputro, Henny Henny, and Jonnardi Jonnardi. 2021. “Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa Sma Binaan Asak Sathora Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 4(2):380–88. doi: 10.24912/jbmi.v4i2.12518.
  18. Septian, Ayu, and M. Ridwan Said Ahmad. 2020. “Dampak Pemanfaatan Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Makassar.” Jurnal Sosialisasi (Jurnal Hasil Pemikiran Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan 8(1):39–46.
  19. Situmorang, Komilie, Santa Maya Pramusita, Maria Maxmilla Yoche Arkianti, Christie Lidya, Peggy Tahulending, Desta Gloria Siahaan, Lukas Pardosi, and Grandianus Seda Mada. 2023. “Sosialisasi Beasiswa Studi Lanjut Bersama Uph, Unimor Dan Igi Flores Timur.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 6:1–9. doi: 10.37695/pkmcsr.v6i0.1983.
  20. Suanto, Alinurdin, Setiawati, and Nurdiana. 2022. “Survei Minat Masyarakat Desa Kuripan Untuk Melanjutkan Pendidikan.” Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin 2(1):10–16.
  21. Taufik, Sonny, and Tri Kurniawati. 2020. “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Prestasi Belajar, Dan Kesempatan Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Program Magister Fakultas Ekonomi UNP.” Jurnal Ecogen 3(1):49. doi: 10.24036/jmpe.v3i1.8486.
  22. Walangitan, Chrisly, Nicholas F. Wuryaningrat, and Iwan Kandori. 2022. “Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Studi Kasus Pada Siswa Smk N 1 Tenga Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan.” Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3(1):59–69. doi: 10.53682/literacyjpe.v3i1.3935.
  23. Wekke, Ismail Suardi. 2024. “Raih Beasiswa , Melangkah Menuju Bangku Kuliah Perguruan Tinggi Idaman.” (March). doi: 10.13140/RG.2.2.24496.53760.