Main Article Content

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada guru-guru IPA pada MGMP IPA di Distrik Abepura Jayapura, Adapun tujuan pelatihan untuk membantu para guru IPA mengembangkan bahan ajar dan LKPD yang ramah anak dengan menggunakan kearifan local Port Numbay sebagai muatan dasarnya. Pelaksanaan pelatihan ini berasal dari kekuatiran bahwa peserta didik tidak termotivasi belajar IPA salah satu sebabnya adalah bahan ajar yang tidak menarik dan tidak sesuai dengan konteks local mereka. Pelatihan diberikan kepada 30 orang guru IPA yang bersalah dari 7 sekolah menengah yang tergabung pada MGMP IPA Distrik Abepura. Metode yang dipergunakan adalah metode ceramah, diskusi dan praktek, dalam pelatihan ini peserta pelatihan diarahkan untuk mengembangkan bahan ajarnya sendiri. Pada akhir pelatihan didapati bahwa guru mulai memahami dan telah memiliki gambaran untuk pembuatan bahan ajar berbasis kearifan local Jayapura, kedepan untuk mengoptimalkan hasil yang lebih baik masih perlu dilakukan pendampingan pada MGMP IPA pada masa yang akan datang.

Article Details

How to Cite
Pieter, J., & Risamasu, P. V. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Port Numbay pada MGMP IPA di Distrik Abepura . Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v3i1.4181

References

  1. Kemendikbud, (2013). Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kepmendikbudristek. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka). Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
  3. Pieter, J. Risamasu, P.V.M. & Budiarti, I.S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Jayapura untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 12(2).
  4. Risamasu, P.V.M, Pieter, J. & Gunada, I.W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Tema Perpindahan Kalor Berkonteks Etnosains Jayapura Papua. JIPP, Vol 8(1b).
  5. Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of ethnoscience approach in the module theme substance additives to improve the cognitive learning outcome and student’s entrepreneurship. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 824 (123-134).