Main Article Content

Abstract

This program was in the form of training on the use of matlab for MGMP IPA Region III Polman. The benefits obtained from this PkM activity were 1) teachers had knowledge about the concept of matlab, 2) teachers had skills in using matlab . This PkM partner is made up of 32 teachers from MGMP IPA Region III Polman. The results of the activities that have been carried out show that the dominant teacher was able to operate and utilize matlab as a learning medium.

Keywords

Workshop Matlab MGMP IPA Polman

Article Details

How to Cite
Susanto, A., Palloan, P., & Arsyad, A. A. (2024). Pelatihan Penggunaan Matlab bagi MGMP IPA Wilayah III Polman. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 52 - 58. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v3i1.4202

References

  1. Anggraini, L. M., Sudiarta, I. W., Qomariyah, N., Alaa, S., & Handayana, I. G. N. Y. (2019). Peningkatan Kompetensi Komputasi Fisika dan Kimia untuk Mahasiswa Program Studi Fisika FMIPA Universitas Mataram. Selaparang, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 37–41
  2. Apriandi, D., & Setyansah, R. K. Penerapan Media Simulasi Matlab Berbasis Interactive Conceptual untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 189-197. 2017
  3. Artawan, P., 2014, Fisika Dasar, Graha Ilmu, Jakarta.
  4. Djadir, D., Ja’faruddin, J., & Arwadi, F. (n.d.). Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam hal komputasi dengan menggunakan kalkulator. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 584–586
  5. Herlawati, H., Atika, P. D., Handayanto, R. T., Sumadyo, M., Samsiana, S., Gunarti, A. S. S., & Maimunah, M. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Software Pendukung Statistik Dalam Pengolahan Data Kuantitatif Bagi Guru-Guru SMA. Journal of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 2(2), 165–174.
  6. Lufianawati, D. E. T., W, C. A., & Masjudin, M. (2021). Pelatihan Software Matlab untuk Penyelesaian Masalah di Bidang Matematika. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 10(1), 14–16. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i1.30015
  7. Marwan, 2017, Belajar Mudah Matlab Beserta Aplikasinya, Andi, Yogyakarta.
  8. Murdaka, B. dan T. Kuntoro, 2014, Fisika Dasar untuk Mahasiswa Ilmu-Ilmu Eksakta, Teknik & Kedokteran, Andi, Yogyakarta.
  9. Pratiwi, M., Syarief, . A. ., & Urva, G. . (2023). Upaya peningkatan kompetensi komputasi matematika mahasiswa dalam mata kuliah kalkulus melalui pelatihan matlab. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 6(1), 18-22. https://doi.org/10.35335/abdimas.v6i1.3973
  10. Rahmadya, T. H., dan Herlawati, 2016, Pemrograman Basic Data di Matlab, Informatika, Bandung.
  11. Sa’diyah, H dan I.G.P .A. Buditjahjanto, 2016. Pengembangan GUI Designer Matlab Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Teknik Pengkodean Siyal di Jurusa Teknik Elektron UNESA. Jurnal pendidikan Teknik Elektron.UNESA.
  12. Sianipar, E. R. H., 2017, Matlab untuk Mahasiswa, Andi, Yogyakarta.
  13. Suci, A., 2014, Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem GUI Matlab, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember: 268 – 271.
  14. Tjolleng, A., 2017, Pengantar Pemrograman Matlab, Elex Media Komputindo, Jakarta.
  15. Trianiza, I., Abdurrahim sidiq, & Ayu Novia Lisdawati. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DASAR PEMROGRAMAN MATLAB (MATRIX LABORATORY) DI SMK PGRI BANJARBARU. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.61579/beujroh.v1i1.28
  16. Wardani, A. L., Mahendra, W., Widi, A., Reza, R., Aditya, C. H., Nur, V. L. (2024). Pelatihan Perangkat Lunak Matlab pada Sistem Tenaga Listrik Bagi Mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. JPP IPTEK: Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK, 8(1), 79-86. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2024.v8i1.5312
  17. Wahyuni, S. E., Widiyatun, F., & Suharmanto, P. (2021). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pembuatan Kalfis dengan GUI Matlab pada Materi Usaha dan Energi. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 3 (2), 66-73.