Main Article Content
Abstract
Guru adalah seorang profesional yang akuntabel untuk mentransfer wawasan baru, keahlian, dan mengajatkan etika, serta membantu mengembangkan potensi dan kapasitas siswa. Salah satu cara untuk mewujudkan peran tersebut adalah dengan cara meningkatkan kompetensi profesional yakni bagaimana cara guru menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk menkreasikan media pembelajaran agar siswa bisa termotivasi dalam proses belajar yang akan memberikan dampak positif terhadap prestasi mereka. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yang dimulai dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain media pembelajaran yang interaktif. Tema pengabdian ini bermula dari hasil observasi awal di SMPN 6 Majene, dimana ditemukan bahwa sudah ada pelatihan pengembangan media pembelajaran sebelumnya, namun belum membahas lebih dalam tentang cara membuat media pembelajaran menggunakan canva yang interaktif. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang berjumlah 15 orang. Ada tiga tahapan dalam proses pengabdian ini yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir dan monitoring. Adapun hasil evaluasi yang ditemukan dilapangan setelah proses penyebaran angket ditemukan bahwa 53,3% peserta merasa puas dengan proses pengabdian, 60% peserta merasa bahwa materi yang disampaikan relevan dengan kebutuhan mereka sebagai guru, 60% peserta merasa bahwa motivasi mereka untuk menggunakan Canva meningkat, dan 53,3% peserta merasa bahwa wawasan mereka tentang Canva meningkat. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan wawasan peserta tentang Canva for Education. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dapat dianggap sebagai suatu keberhasilan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran.
Keywords
Article Details
References
- Agus Prayitno. 2020. “Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon.” Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Eduvis 1(1):19–25.
- Andarwati, R., G. A. Widodo, and E. Darmanto. 2024. “Implementation of Artificial Intelligence in the Form of Canva in the Learning Process in the Digital Era.” Jurnal Scientia 13(01):190–200.
- Arifin, Arifah Novia, Ismail, Firdaus Daud, and Asmawati Azis. 2021. “Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah Di Kabupaten Gowa.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19” 5:468–72.
- Asfiyah, Lailatul. 2019. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Smp Negeri Se Kecamatan Papar Kediri.” Inspirasi Manajemen ….
- Caswita, and Selvi Noviyani. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Media Digital Berbasis Canva Melalui In-House Training Di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknodik 27(2):75–87.
- Dania, Rizki Firdausi Rachma, Suherdi, and Christian Wiradendi Wolor. 2023. “Training to Create Digital Learning Media through Canva and Camtasia.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 7(2):269–92. doi: 10.21009/jpmm.007.2.09.
- Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
- Jamaaluddin, and Indah Sulistyowati. 2021. Buku Ajar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Sidoarjo.
- Marwiyah, St. 2019. “Kompetensi Profesionalisme Guru Dan Peranannya Dalam Mengimplementasikan Kurikulum.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8(2):51–66.
- Monoarfa, Merrisa, and Abdul Haling. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian 1–7.
- Muharrir Syahruddin, Muharrir, Herdah, and Rustan Effendy. 2022. “Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 20(2):179–86. doi: 10.35905/alishlah.v20i2.3318.
- Nur, Syamsiara, and Jirana. 2023. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Dan Canva Sebagai Solusi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Pada Guru-Guru Di SDN No.024 Pelitakan.” SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):119–25. doi: 10.31605/sipakaraya.v1i2.2191.
- Paris, Nirma, and Hustiana. 2024. “Pelatihan Orang Tua Dan Guru: Teknik Pengasuhan Ramah Anak Di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.” 2(2):125–34. doi: 10.31605/sipakaraya.v2i1.3639.
- Patongai, Dian Dwi Putri Ulan Sari, Nurhayati B, Hilda Karim, and Saparuddin Saparuddin. 2022. “Pemanfaatan Canva For Education Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah.” SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):130. doi: 10.35580/smart.v2i2.38526.
- Pelangi, Garris. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam 8(2):79–96.
- S, Sudjoko. 2020. “Kompetensi Profesional Bagi Seorang Guru Dalam Manajemen Kelas.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 12(1):1–15. doi: 10.37640/jip.v12i1.202.
- Sihombing, Yenni, Bongguk Haloho, and Ulung Napitu. 2023. “Problematika Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 8(2):725. doi: 10.58258/jupe.v8i2.5611.
- Suryadi, Ary. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Minyak Bumi Di Kelas X MIA-3 Semester I SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 2(1):44–55. doi: 10.53299/jppi.v2i1.168.
- Tanjung, Rahma Elvira, and Delsina Faiza. 2019. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 7(2):79. doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104261.
- Widya Ulfa, Syarifah, Ade Suryani Nasution, Ardina Khoirunnisa Hasibuan, Azzahra Natasya, Budiman Budiman, Khairul Azmi, and Masriyanti Nasution. 2024. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran.” 2(4):24–38.