Main Article Content
Abstract
Pelatihan Living Value Education Program (LVED) dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Umumnya guru-guru masih menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan pihak kurikulum tanpa adanya modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Adapun sasaran kegiatan ini adalah guru-guru dan kepala sekolah SDN 015 Sumberjo. Kegiatan PKMS ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam mendesain pembelajaran berbasis LVED hingga menghasilkan produk perangkat pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PKMS ini dilakukan dalam tiga metode yaitu: (1) Metode paparan, diskusi, serta tanya jawab: Pemaparan tentang pengenalan lebih komprehensif tentang konsep pembelajaran berbasis LVED; define, design, development, dan evaluation, (2) Metode asistensi: Guru mulai menganalisis kebutuhan untuk mendesain pembelajaran berbasis LVED (3) Metode pendampingan: Tim pengabdi memberikan pendampingan kepada guru-guru untuk mendesain LVED.
Keywords
Article Details
References
- Aprida, M., & Ali, M. (2020). Analisis Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Terhadap Pembelajran Daring Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 237-250.
- Arifin, A.R., Ismial., Daud, F., & Azis, A.. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva sebagai Strategi untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 4(4), 775- 783.
- Fitriyawati, L., Tianingsih, R., Cahyaning, A., Nagari, D. C., Agung, M. S., Pratama, S., ... & Apriani, A. N. (2023). Pendampingan Belajar Anak Berbasis Living Values Education Program Melalui Smart Kids Bimbel di Kentolan Lor Guwosari Pajangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1), 22-30.
- Hanum, F. F. (2019, October). Pendidikan Pancasila bagi generasi milenial. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA” (Vol. 1, pp. 72-81). FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.
- Kurniawan, S., & Fitriyani, F. N. (2023). Thomas Lickona's Idea on Character Education Which Builds Multicultural Awareness: Its Relevance for School/Madrasah in Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 33-53.
- Kurniawan, S., Subakat, R., Faozan, A., Miftah, M., Al Muiz, M. N., Saputra, M. F., ... & Afandi, A. (2019). Best Practice Character Building: Model, Inspirasi dan Catatan Reflektif. Samudra Biru.
- Lickona, T. (2015). Character Matter. Jakarta: Bumi Aksara.
- Mas’ud, M. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Shonif,
- Monoimbar, J. (2019). “Pembaruan sistem pendidikandalam mengikuti zaman”. http://www.kompasiana.com/jackymononimbar9251/5Cd170a46c329d5b02 376712/pembaruan-sistem-pendidikan-dalam-mengikuti-zaman.
- Mubarak, A. Z. (2019). Problematika Pendidikan Kita: Masalah-masalah Pendidikan Guru, Desain Sekolah, dan Dampaknya. Depok: Ganding Pustaka
- Mulyasa, H. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
- Muzfirah, S. (2021). Upaya Pengintegrasian Living Values Education (LVE) dalam Proses Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 32-44.
- Qadafi, M. (2020). Pendekatan Living Values Education dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 125.
- Rubiantica, R., Sutomo, M., & Suhardi, A.A.. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 7(3), 98-104
- Salikha, N.D., Primadewi, A.,& Iman, M.S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM. 20(1), 9-16.
- Shofan, M. (2020). Paradigma Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Living Values Education. TAZKIYAH, 2(1), 141-163.
- Sukitman, T. & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) dalam Pembelajaran IPS (Studi terhadap Pembentukan Karakter anak di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar. 3(1), 30-41.
- Wartomo. (2016). Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Temu Ilmiah Nasional Guru VIII.,3(1), 73-77.