Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Tulu, Majene, bertujuan mengembangkan nilai tambah produk kelapa lokal Lomo’ Mandar melalui penerapan konsep bioindustri pertanian. Kurangnya optimalisasi potensi kelapa lokal dan terbatasnya jangkauan pasar menjadi dasar perlunya edukasi dan pelatihan bagi petani serta pengrajin setempat. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pelatihan kepada petani dan pengrajin lokal mengenai teknik bioindustri yang efisien dan ramah lingkungan, serta strategi pengembangan nilai dan pemasaran produk. Kolaborasi dilakukan bersama kelompok tani setempat yang terlibat secara aktif dalam proses produksi hingga distribusi. Pendekatan yang diterapkan meliputi pelaksanaan workshop, pendampingan intensif, dan simulasi pemasaran berbasis digital. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan penerapan metode bioindustri, efisiensi proses produksi, serta mutu produk kelapa olahan. Selain itu, terdapat peningkatan kapasitas petani dalam memahami strategi pemasaran produk Lomo’ Mandar. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan potensi integrasi bioindustri sebagai langkah strategis dalam upaya optimalisasi nilai produk ikonik unggulan lokal yaitu minyak kelapa mandar secara berkelanjutan.
Keywords
Article Details
References
- Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
- BPTP, S. B. (2019). Potensi Lahan Produktif Sulbar. https://sulbar.bsip.pertanian.go.id/informasi-publik/daftar-informasi-publik
- Dai, S. I. S. (2018). Analisis Pengembangan Produk Turunan Kelapa Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 17–24.
- Fransiso, G., Puji, N., & Santoso, L. (2024). Strategi Pengembangan Produk Lokal Melalui Pendekatan Social Commerce pada UMKM. ADI Bisnis Digital Interdisiplin (ABDI Jurnal), 5(2), 48–55.
- Herawati, N., Sulastry, T., & Djangi, J. (2018). Peningkatan pendapatan kelompok petani kelapa melalui pengolahan buah kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO). Seminar Nasional Pengabdian. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/viewFile/7782/4540
- Irfan, S. A. (2019). Strategi Pengembangan Produk Lokal Berbasis Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdimas Mahakam, February. https://www.researchgate.net/profile/Irfan-Kadir/amp
- Laksono, F. A. T., Astuti, S. D., Widagdo, A., & Iswahyudi, S. (2021). Peningkatan kemampuan digitalisasi promosi dan pemasaran produk kelompok eks-buruh migran di Kabupaten Wonosobo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2867
- Musafira, Dzulkifli, Fardinah, & Nizar. (2020). Pengaruh Kadar Air dan Kadar Asam Lemak Bebas Terhadap Masa Simpan Minyak Kelapa Mandar. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 6(3), 224–229. https://doi.org/10.22487/kovalen.2020.v6.i3.15344
- Panca, A., & Anhar, M. (2024). COCONUT AGROINDUSTRY DEVELOPMENT AS EFFORT FOR ECONOMIC ACCELERATION IN KETAPANG REGENCY. Jurnal Industria, 3(1), 13–26.
- Rahmah, M. H., Zulkarnaim, N., & Badu, M. N. (2023). Edukasi Teknik Pengemasan dan Labelling Produk Pupuk Organik Berbasis Bio-Viabilitas Bakteri bagi Kelompok Wanita Tani. CARADDE : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 41–46.