Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga melalui edukasi eco-enzyme dan strategi komunikasi kehumasan berbasis komunitas di Kota Bandar Lampung. Kegiatan dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi warga dalam pengelolaan sampah, serta tingginya potensi pencemaran lingkungan akibat limbah organik rumah tangga. Melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan kolaboratif, program ini dilaksanakan dalam dua sesi utama: edukasi kehumasan berbasis nilai budaya dan pelatihan pembuatan eco-enzyme. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan praktik, coaching, penyebaran modul digital, serta pemanfaatan media sosial untuk kampanye lingkungan. Komunitas yang dilibatkan meliputi Yayasan Nabbay Hanggum, ibu-ibu pengajian, mahasiswa, dan dosen. Pendekatan digital storytelling digunakan untuk memperkuat narasi publik dan keterlibatan emosional masyarakat terhadap isu lingkungan.
Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan literasi lingkungan, partisipasi aktif komunitas dalam daur ulang sampah, serta munculnya inisiatif kewirausahaan berbasis eco-enzyme. Umpan balik peserta menunjukkan tingkat kepuasan tinggi, di mana 90% menyatakan kegiatan ini relevan, mudah dipahami, dan perlu dilanjutkan. Pembahasan menunjukkan bahwa integrasi antara pendidikan, teknologi digital, budaya lokal, dan kemitraan stakeholder efektif mendorong transformasi sosial dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 4, 11, 12, dan 13).Kegiatan ini dapat direplikasi di wilayah lain sebagai model pengabdian masyarakat berbasis komunikasi strategis dan pelibatan komunitas yang berdampak pada keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan sosial.
Keywords
Article Details
References
- Bunga, B. N., Nawangsari, N. A. F., & Chusairi, A. (2025). Cultural Parenting Based on Religion and Culture in Indonesia From an Sdg Perspective: a Literature Review. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe02903
- Dhamo, E., & Canaj, J. (2025). SOCIAL WORKER ’ S IMPORTANCE OF INTERCULTURAL COMMUNICATION. 5, 1–19.
- Farhi, F., Jeljeli, R., Slamene, R., Mohsen, M., & Zamoum, K. (2023). Towards Communication in Achieving Sustainable Economic Development Goals: The Role of Communication in UAE Media Institutions. Sustainability (Switzerland), 15(10). https://doi.org/10.3390/su15107933
- Fatmawati, I., Kayati, A. N., Taembo, M., & Ningsih, P. R. (2025). the Implementations and Strategies of Learning Based on Ecoliteracy in Boarding Schools in Reaching Sdg for Classy Education. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(2), 1–19. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n02.pe03689
- Grunig, James E, and Todd Hunt. 1984. “Managing Public Relations.” CBS College Publishing: 404–42. doi:10.2307/j.ctv5jxpgx.10.
- Hastings, Y. D., Smith, R. M., Mann, K. A., Brewer, S., Goel, R., Hinners, S. J., & Shah, J. F. (2024). Green Infrastructure Microbial Community Response to Simulated Pulse Precipitation Events in the Semi-Arid Western United States. Water (Switzerland), 16(13). https://doi.org/10.3390/w16131931
- Maqbool, S., Zafeer, H. M. I., Zeng, P., Maqbool, S., Draissi, Z., & Javed, S. (2024). Inventive leadership styles and their impact for achieving sustainable development goals in education at secondary schools: a case study from Multan, Pakistan. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-024-03086-2
- Mayrita, H., Ernawati, Y., Purnomo, M. E., & Sholikhah, H. A. (2025). Integrating the Palembang Baso Dialect Into Bipa Level 1 Syllabus: Advancing the Sdgs for Quality Education As Preservation of Local Culture. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe03357
- Pamungkas, H., Darsono, D., Supriyadi, S., & Padmaningrum, D. (2025). AN SDG-11 SUSTAINABLE GREAT MOSQUE COMMUNITY : A which departs from the mosque organizational environment . goals for sustainable development . The SDGs are designed to end poverty ,. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5, 1–19.
- Sauri, S., & Sanusi, A. (2025). Investigating Teacher Performance in Character Building Students: a Case Study of Teaching and Learning At an Elementary School in Indonesia. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe03829
- Setiajaya, A., Lewis H, F. A., Hasiany, S., & Zulaicha, A. S. (2023). Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Bandar Lampung (Studi Kasus: Kelurahan Sukaraja). Jurnal Ilmu Lingkungan, 21(4), 807–818. https://doi.org/10.14710/jil.21.4.807-818
- Shaya, M. F. S., & Ahmad, J. H. (2025). Critical Role of Public Relations and Organizational Change in Achieving the Sustainable Development Goals (Sdgs): a Case of Architectural, Engineering, and Construction Industry. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(1), 1–28. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n01.pe03364
- Shkëmbi, F., & Sauku, V. H. (2025). Proposal for the Implementation of a Life-Coaching Model in Albania, Achieving Sustainable Development Goal (Sdg)Targets 3 and 4: Investigating the Relationship Between Educational Coaching and Life-Skills Acquisition in Schools. Journal of Lifestyle and SDG’S Review, 5(2), 1–24. https://doi.org/10.47172/2965-730X.SDGsReview.v5.n02.pe04018
- Silitonga, C. R., & Susanti, D. (2023). Penggunaan Project-Based Learning (PBL) Eco-Enzim untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak dan Bicara Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2673
- Sulistyo, I., Karisma, G., & Jaya Wiranata, I. (2022). Strategi Pemerintah Kota Bandarlampung-Indonesia Terkait Perubahan Iklim Pada 2015-202. Jurnal Hubungan Internasional Indonesia, 4(1), 67–90. http://jhii.fisip.unila.ac.id/ojs/index.php/jhii
- Syarlisjiswan, M. R., Wiliyanti, V., Dwi, R., Rasyidi, G., Carolin, J., Islam, U., Raden, N., Lampung, B., Tengah, T., Kedondong, K., Pesawaran, K., Loa, D. B., & Organik, S. (2024). ECO ENZYME : ALTERNATIF RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN SAMPAH ORGANIK DI DESA BABAKAN LOA Pendahuluan. 1, 34–41.
- Tangapo, A. M., & Kandou, F. (2022). Edukasi Pemanfaatan Eco-Enzim Hasil Fermentasi Sampah Organik Rumah Tangga Menjadi Hand-Sanitizer Di Kelurahan Meras Manado. The Studies of Social Sciences, 4(1), 1. https://doi.org/10.35801/tsss.2022.4.1.38901
- Valia Luz, V.-M., José, E.-G., Freddy Ronal, B.-N., & Ingrid Liz, Q.-T. (2025). Educación para la sostenibilidad : Una mirada valorativa hacia las tecnologías del aprendizaje y el conocimiento por graduados Resumen Education for Sustainability : A Valuative Perspective on Learning and Knowledge Technologies by Graduates. Clío. Revista de Historia, Ciencias Humanas y Pensamiento Crítico, 5(9), 267–288.
- Widiani, N., & Novitasari, A. (2023). Produksi Dan Karakterisasi Eco-Enzim Dari Limbah Organik Dapur. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(1), 110. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v14i1.7779