Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), khususnya dalam kegiatan evaluasi dan asesmen pembelajaran oleh guru di sekolah mitra. Permasalahan ini dapat ditinjau dari dua aspek utama, yaitu keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan platform digital untuk evaluasi dan asesmen, serta belum dikenalnya potensi kecerdasan buatan (AI) dalam menunjang penilaian pembelajaran yang efektif dan efisien. Melalui kegiatan pengabdian berupa pendampingan atau pelatihan ini, diharapkan para guru di sekolah mitra tidak hanya memperoleh pemahaman konseptual tentang pentingnya integrasi teknologi dalam evaluasi dan asesmen pembelajaran, tetapi juga memiliki keterampilan praktis untuk menerapkannya secara langsung dalam konteks kelas mereka masing-masing. Kegiatan pengabdian dilaksanakan secara hybrid yang berpusat di SMK TIK Al-Islam Purwakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Agustus 2025 dengan 27 guru yang mengikuti kegiatan. Adapun guru-guru yang mengikuti kegiatan ini berasal dari tiga sekolah yaitu SMA Al Jundiyah, SMA Dzakiyun 2, dan SMK TIK Al Islam. Hasil pelaksanaan serta evaluasi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa indikator keberhasilan kegiatan pengabdian, yaitu materi, narasumber, pelaksanaan kegiata, serta dampak manfaat, sudah terpenuhi sehingga kegiatan pendampingan atau pelatihan terkait pemanfaatan ICT dalam asesmen pembelajaran dapat dikatakan sukses dan berhasil. Kegiatan pendampingan atau pelatihan berhasil dalam menambah wawasan dan pengetahuan serta keterampilan terkait ICT dalam Pendidikan, utamanya mengenai pemanfaatannya dalam asesmen pembelajaran. Selain itu, para responden juga memberikan komentar yang positif terhadap pelaksanaan kegiatan dan berharap kegiatannya dapat dilaksanakan secara berkala.

Keywords

Asesmen Evaluasi Pembelajaran Teknologi Guru

Article Details

How to Cite
Dahlan, J. A., Kusumah, Y. S., Monariska, E., Jalal, A., Maknun, C. L., Ernawati, Ikram, F. Z., Panjaitan, M. A., Tupamahu, P. Z., & Silitonga, R. H. Y. (2025). Pendampingan Guru Sekolah Menengah dalam Penerapan ICT untuk Asesmen Pembelajaran. Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 32 - 41. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v4i1.5428

References

  1. Ariza, N., & Afifah, Q. K. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Pengembangan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 25-44.
  2. Awajan, N. W. (2023). The Effect of Implementing Technology in Formative Assessments to Ensure Student Learning in Higher Education English Literature Courses After COVID-19. Online Journal of Communication and Media Technologies, 13(2), e202320.
  3. Barus, C. S. A. (2024). Pelatihan Asesmen Berbasis Teknologi dan Rubrik Penilaian. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(4), 38-46.
  4. Fajri, Y.A & Sahlan, M. (2023). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) Pada Mata Pelajaran PAI. Journal Regy Research in Education and Technology, 1(2), 99-102.
  5. Hanis, M., & Wahyudin, D. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Penyusunan Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1199-1207.
  6. Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H. (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.
  7. Knowles, M. S. (1984). Andragogy in Action. Applying Modern Principles of Adult Education. San Francisco, CA: Jossey Bass.
  8. Lukman, I. R., Dewi, U. M., Unaida, R., Almunawarah, A., & Nura, I. (2024). Pendampingan Penyusunan Asesmen dan Pembelajaran Inovatif Terintegrasi Media Untuk Meningkatkan Efektifitas dalam Pembelajaran di SD Negeri 28 Sawang. Jurnal Vokasi, 8(3), 481-488.
  9. Priyambodo, A., Narulita, S., Heses, M. A., & Nurdianto, K. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Quizizz Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru SMP Muhammadiyah 8 Limbangan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2318-2325.
  10. Rahayu, S., & Purwanti, T. (2020). Pemanfaatan platform digital dalam evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran abad 21. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 115–123).
  11. Supartini, N. L & Susanti, L. (2021). Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Online English for Food and Beverage Service. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 485-492.
  12. Utari, A. A & Hidayatullah, S. P. (2019). Manfaat ICT Sebagai Media Pembelajaran di SD Dharmajaya Palembang. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
  13. Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444-451.