Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan literasi digital berbasis budaya lokal bagi anak-anak pesisir Mandar melalui kemitraan dengan Rumah Baca Harapan (RubaH) Sahabat Pulau. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari masih rendahnya keterampilan literasi digital anak-anak pesisir serta keterbatasan relawan dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan pada 24 Agustus 2025 di SDN 32 Barane, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat dengan peserta sebanyak 16 relawan RubaH. Metode pelaksanaan meliputi survei kebutuhan, pelatihan literasi digital dasar, penyusunan konten digital berbasis budaya Mandar, diskusi partisipatif, serta evaluasi tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman relawan tentang penggunaan perangkat digital, etika bermedia, dan integrasi budaya lokal dalam konten pembelajaran. Selain itu, seluruh responden memberikan tanggapan positif terhadap relevansi materi, metode penyampaian, dan kebermanfaatan kegiatan. Program ini terbukti mampu meningkatkan kapasitas relawan sebagai agen literasi digital sekaligus memperkuat peran rumah baca sebagai pusat pembelajaran alternatif. Dengan demikian, pengabdian ini berkontribusi pada terciptanya model literasi digital berbasis budaya lokal yang kontekstual, relevan, dan berkelanjutan bagi pengembangan literasi anak-anak pesisir Mandar.

Keywords

Anak Pesisir Budaya Lokal Literasi Digital Pengabdian Masyarakat Relawan

Article Details

How to Cite
Hustiana, H., Fajriani, F., Rafiqa, R., & Ahyadi, A. (2025). Optimalisasi Literasi Digital Berbasis Budaya Anak Pesisir Mandar Melalui Rubah (Rumah Baca Harapan) Sahabat Pulau . Sipakaraya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8 - 15. https://doi.org/10.31605/sipakaraya.v4i1.5453

References

  1. Amalia, Mia. 2021. “Relawan Literasi: Inisiatif LPTK dan LSM Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Implementasi dan Hasil Program Agustus 2020-Juni 2021.”
  2. Anita, Fenny, Neni Triana, dan Universitas Abdurrab. 2025. “Penerapan literasi digital berbasis kearifan lokal dalam mata kuliah bahasa indonesia prodi ilmu komunikasi angkatan 2024.” Warta Dharmawangsa 19(2):1012–21. doi:https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6408.
  3. Basalamah, Muhammad Ridwan dan Mohammad Rizal. 2020. “Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1). doi:10.31849/dinamisia.v4i1.3756.
  4. Fajarianto, Otto, Fikri Aulia, Dwi Wulandari, Putra Hilmi Prayitno, Kamila Syarifa, Ummul Karima, dan Vania Mitzi Dinata. 2025. “Literasi Konten Digital Untuk Pelestarian Budaya Lokal Di Desa Kebobang.” Sepakat: Sesi Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):1–6. doi:https://doi.org/10.56371/sepakat.v5i1.423.
  5. Jannah, Firda Mawaddatul, Muhammad Junaidi Retno Manggolo, Chovivah Nur Khaniv, dan Muhammad Nofan Zulfahmi. 2025. “Analisis Keterlibatan Emosional Anak SD dalam Membaca Cerita Petualangan.” Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya 3(1):274–82. doi:10.61132/morfologi.v3i1.1368.
  6. Rasida, Rahima, dan Asma Kurniati. 2025. “Pengenalan Literasi Numerasi Berbasis Kemaritiman Di Tk Negeri Mawasangka.” 2(6).
  7. Sari, Arlinda Puspita, M. Irfan, dan Firdaus Firdaus. 2022. “Pendampingan Dan Penguatan Anak Usia Sekolah Di Desa Panyampa Dengan Pembelajaran Berbasis Literasi Melalui Program Kelas Pesisir.” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1):34–43. doi:10.35914/tomaega.v5i1.939.
  8. Setiawan, Yayan Eryk, dan Triwilujeng Ayuningtyas. 2023. “Penerapan Pelatihan Berbasis Praktik Dan Pelatihan Berbasis Teori Terhadap Minat Peserta Pelatihan.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 13(2):127–34. doi:10.24176/re.v13i2.6721.
  9. Suryaman, Ismi Nurul Qomaria, dan Titik Puspita Sari. 2023. “Pemberdayaan Rumah Baca ‘Pelangi’ Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Membaca Anak Di Desa Palaan.” at-tamkin: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6(2):34–42. doi:10.33379/attamkin.v6i2.1194.