Main Article Content
Abstract
Fisika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi siswa, terutama karena pendekatan pembelajaran yang cenderung teoritis dan minimnya keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kondisi ini menjadi tantangan serius untuk menumbuhkan minat belajar fisika. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengatasi stigma negatif tersebut pada siswa SMAN 1 Mamasa melalui pendekatan yang memadukan kearifan lokal dan teknologi. Kegiatan PkM ini menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dengan simulasi permainan tradisional Mamasa untuk menjembatani kesenjangan antara konsep fisika yang abstrak dan realitas budaya. Keberhasilan program dievaluasi melalui angket kepuasan peserta dan analisis N-Gain untuk mengukur perubahan sikap siswa. Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi pada aspek materi, partisipasi, dan pelayanan, dengan mayoritas siswa menyatakan puas. Selain itu, analisis N-Gain menunjukkan adanya peningkatan sikap positif siswa terhadap fisika, yang membuktikan bahwa program ini efektif. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran fisika tidak harus terbatas pada ruang kelas, melainkan dapat menjadi lebih relevan dan menyenangkan melalui model yang kontekstual dan berbasis budaya. Pendekatan ini memiliki potensi besar untuk direplikasi dan berkontribusi pada pelestarian budaya lokal.
Keywords
Article Details
References
- Agarina, M., Sutedi, Karim, A. S., & Fauzi, M. R. (2023). Pelatihan Multimedia Interaktif bagi Perangkat Desa Jati Indah di Kecamatan Jati Agung. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(1), 9–14.
- Amelia, Z., Rahmadani, A., & Lestari, A. (2024). Efektivitas Media Papan Edukatif Main Anak (PEMA) dalam Mengembangkan Pra Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1742–1756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6240
- Andy S.K. Dahoklory, Lestari Lestari, Jekson N. Konoralma, Helen Rumurlely, Zusana Mose, Norce A. Anidlah, Yosafat A. Romer, Hermolina Fidratan, Rogerio Knyartutu, Viola V. Koryaru, Verlin J. Keilayoka, & Vinolia Tunay. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Bimbingan Belajar Bagi Anak Sekolah Dasar di Desa Patti. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 149–159. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i4.1596
- Daun, N. S., Helmi, & Haris, A. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bontomarannu. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2(1), 37–40.
- Husni, R., Pratiwi, E., & Noviarni. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 8(6), 4528–4538. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
- Latif, N., Halid, A., Andryanto, Muniar, A. Y., Maslihatin, T., & Ashari, W. N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran pada SMA Negeri 10 Maros. Insan Cita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–7.
- Mardiansyah, D., Sutantyo, T. E. P., Fardela, R., Puryanti, D., Irka, F. H., Muttaqin, A., Isdi, M. R., Herviyana, H., Dahlianum, D., & Musra, F. (2023). Pengabdian masyarakat dengan meningkatkan minat siswa kelas X SMA N 2 Gunung Talang terhadap pelajaran fisika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4760–4765.
- Marithasari, H., G Barus, I., Resmayasari, I., & Suwanda, B. S. (2023). Pretest and Posttest Technique To Control Students Mastery in Online Learning of English for Communication Courses At Vocational Studies of Ipb University. The Journal of English Teaching for Young and Adult Learners, 2(1), 12–15. https://doi.org/10.21137/jeeyal.2023.2.1.2
- Martinko, S., & Vorkapić, S. T. (2017). Could Students’ Attitudes towards Learning Physics Significantly Predict their Learning Outcomes: Implications for Innovative Methods in Teaching Physics. International Journal for Talent Development and Creativity, 5(1), 109–123.
- Napirah, M., Sahara, L., Hunaidah, M., & Alkamalia, W. (2023). Penyuluhan Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan dan Pengenalan Laboratorium Virtual Fisika pada Siswa Madrasah Aliyah. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 113–120.
- Nurhaniah, A., Kaharuddin, K., & Ali, M. S. (2022). Diagnosis Kesulitan Materi Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(2), 161–170. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i2.34491
- Pratidhina, E., Kurniasari, K., Untung, B., Herwinarso, H., Wijaya, A., Anawati, B. D., Koswojo, J., Wirjawan, J. VD, & Sugimin, S. (2020). Pendampingan Eksperimen Fisika Bagi Siswa-Siswa SMA di Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 78–85. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3069
- Rijal, S. (2023). The Importance of Community Involvement in Public Management Planning and Decision-Making Processes. Journal of Contemporary Administration and Management (ADMAN), 1(2), 84–92. https://doi.org/10.61100/adman.v1i2.27
- Sarı, U., Hassan, A. H., Güven, K., & Şen, Ö. F. (2017). Effects of the 5E Teaching Model Using Interactive Simulation on Achievement and Attitude in Physics Education. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 25(3), 20–35.
- Wahab, A., Junaedi, & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.