Main Article Content

Abstract

Secara umum pengintegralan numerik didasarkan pada interval titik yang sama namum pada kenyataannya dihadapkan pada persoalan pengintegralan numerik dengan interval titik yang tidak sama. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh rumus umum pengintegralan numerik untuk interval titik yang tidak sama dengan menggunakan selisih terbagi Newton sehingga diperoleh rumus umum dan error dari integrasi numerik dengan menggunakan aturan Boole. Selanjutnya disimulasikan contoh integrasi numerik dengan bantuan Program MATLAB untuk membandingkan hasil numerik dan analitik sehingga diperoleh hasil yang mendekati nilai eksak. Berdasarkan hasil simulasi numerik diketahui bahwa semakin banyak subinterval yang digunakan maka semakin menghampiri solusi eksak atau solusi sejati.

Keywords

Integrasi Numerik Interval Titik yang Tidak Sama Selisih Terbagi Newton Aturan Trapesium Aturan Simpson Aturan Boole Error

Article Details

References

  1. [1] Nirsal, “Penggunaan Ekstrapolasi untuk Menyelesaikan Fungsi Integral Tentu,” Jurnal ilmiah d'computerE, Vol 4 Januari, pp. 45-54, 2014.
  2. [2] R. Munir., Metode Numerik, Bandung: Informatika, 2015.
  3. [3] Md. Mamun-Ur-Rashid Khan, M. R. Hossain, and S. Parvin, “Numerical Integration Schemes for Unequal Data Spacing,” American Journal of Applied Mathematics, Vol. 5, No. 2, pp. 48-56, 2017.
  4. [4] Fitriani, A. Yusuf, and Y. Yulida, “Pengintegralan Menggunakan Aturan Simpson untuk Interval Titik yang Tidak Sama,” Epsilon: Jurnal Matematika Murni dan Terapan, Vol 13, No.2, pp. 46-54. 2019.
  5. [5] P.B. Kosasih, Komputasi Numerik Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: ANDI, 2006.
  6. [6] H.D.Laksono, R. Afrianita, N. Pebriana, and Darwison Metode Numerik dengan Matlab Edisi 2, Teknosain, 2018.