STUDI LITERATUR : PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • Rahmatullah Universitas Sulawesi Barat
  • Achmad Fauzi Kusmin Universitas Sulawesi Barat
  • Hendrawan Universitas Sulawesi Barat
Keywords: peran, modal sosial, pemberdayaan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertolak dari pemahaman tentang bagaimana konsep  modal sosial dapat diaplikasikan dalam upaya dan peran untuk percepatan peningkatan pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu pendekatan dalam pembangunan yang menggunakan aspek sosial untuk meningkatkan aspek ekonomi masyarakat. Aspek sosial yang umum digunakan dalam pemberdayaan masyarakat adalah modal sosial. Di dalam modal sosial terdapat elemen-elemen berupa nilai dan norma, kepercayaan, serta jaringan sosial yang digunakan untuk mencapai tujuan pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan modal sosial sebagai konsep teoritis. Pemaparan studi menunjukkan adanya peran modal sosial dalam pemberdayaan masyarakat. Artikel ini menyimpulkan bahwa konsep modal sosial berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Peran modal sosial dalam masyarakat dapat dilihat pada persoalan persoalan pembangunan ekonomi yang sifatnya lokal dan peran dalam kegiatan yang berbasis komunitas.

References

Cullen, Michelle dan Harvey Whiteford. 2001. Keterkaitan Modal Sosial dengan Kesehatan dan Kesehatan Mental. Kertas Diskusi. Kesehatan Mental dan Program Khusus Departemen Kesehatan dan Perawatan Lansia Cabang Persemakmuran. Canberra: Persemakmuran Australia.
Devi, L.V. Ratna. 2007. Ikatan Solidariats, Keberdayaan Usaha, Dan Ketahanan Usaha Kelompok Etnis Pedagang Tekstil Pasar Klewer Surakarta. Tesis : Pascasarjana. UNS.
Fathy, R. 2019. Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1–17.
Fukuyama, F. (1995). Trust: The Social Virtues and the Creation of Prosperity. New York: The Free Press.
Fukuyama, F. (2002). Trust: Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran (Rusiani, Ed.). Yogyakarta: Qalam.
Fukuyama, F. 2002. The Great Disruption: Hakikat Manusia dan Rekonstitusi Tatanan Sosial. Yogyakarta : CV Qalam.
Hasbullah, J. 2006. Social capital: Menuju Kuunggulan budaya manusia Indonesia Jakarta.: MR- United Press.
Siti Sofra Sidiq, RD. 2019. Pemberdayaan Berbasis Modal Sosial. Pekanbaru: Taman Karya
Soerjono, soekanto. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Soetomo. 2011. Pemberdayaan Masyarakat: Mungkinkah Muncul Antitesisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syahyuti. 2008. Peran Modal Sosial (Social Capital) dalam Perdagangan Hasil Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi Volume 26 No.1, Juli 2008.
Usman, S. 2018. Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wafa, A. 2003. Keberadaan Social Capital Pada Kelompok-kelompok Sosial: Kasus Pada Kelompok Tani Mardi Utomo dan Kelompok PKK. Tesis.
Wirutomo, Paulus. 2012. Sosiologi Untuk Jakarta: Menuju Pembangunan Sosial Budaya. Jakarta: Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta.
Yustika, A. E. 2010. Ekonomi Kelembagaan, Definisi, Teori, dan Startegi. Malang: Banyumedia Publishing.
Published
2023-06-27
How to Cite
Rahmatullah, Achmad Fauzi Kusmin, & Hendrawan. (2023). STUDI LITERATUR : PERAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Arajang, 6(1), 49-58. https://doi.org/10.31605/arajang.v6i1.2804