KINERJA PEGAWAI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA MAKASSAR

  • Rahmatullah Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Makassar. Jeni spenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi langsung, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan  adalah Reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Keabsahan data digunakan triangulasi yaitu triangulasi waktu, triangulasi sumber, dantriangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Kinerja pegawai secara kuantitas ditunjukkan dengan memberikan berbagai pelayanan yang berkaitan dengan input pelaporan, proses penanggulangan, dari segi kualitas menunjukkan pencapaian kinerja yang berkualitas dengan memberikan pelayanan sesuai mutu standardisasi kerja, spesifikasi kerja, dari segi efisiensi menunjukkan kemampuan menjalankan kinerjanya secara efisien sesuai dengan penggunaan waktu kerja yang cepat, tepat, dan teliti, dari efektif ditunjukkan dengan pencapaian kinerja yang efektif melalui kemampuannya untuk selalu hadir, siap sedia, memelihara pekerjaan dan berkesinampungan dalam atas penanganan dan penanggulangan kebakaran/bencana di Kota Makassar.

References

Bangun, Wilson, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Handoko, T. Hani, 2003. Manajemen. Edisi 2, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Hartatik, Indah Puji, 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Penerbit Laksana, Yogyakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2006. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit Refika Aditama, Bandung.
_______________________, 2007. Evaluasi Kinerja SDM. Penerbit Refika Aditama,
Mathis, Robert L, dan Jackson, John L, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Rivai, Veithzal, Bachtiar dan Amar, Boy Rafli, 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi. Penerbit Rajawali Press, Jakarta.
Robert Bacal, 2005. Performance Management. Penerbit Gramedia Pustaka, Jakarta.
Sedarmayanti, 2011. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan. Penerbit Refika Aditama, Bandung.
Siagian, Sondang P, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Tohardi, Ahmad, 2002. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Mandar Maju, Bandung.
Winardi, J, 2004. Motivasi dan Pemotivasian. Penerbit RajaGrafindo Persada, Jakarta
Published
2022-06-30
How to Cite
Rahmatullah. (2022). KINERJA PEGAWAI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA KOTA MAKASSAR. Jurnal Arajang, 5(1), 99-113. https://doi.org/10.31605/arajang.v5i1.3205