Main Article Content
Abstract
Keterampilan bertanya sangat penting khususnya dalam pembelajaran sains. Keterampilan tersebut penting karena hal tersebut ada dalam tahap penelitian ilmiah, diantaranya adalah bertanya untuk mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru IPA yang nantinya akan mendesain pembelajaran berbasis sains. Subjek penelitian ini 53 mahasiswa calon guru IPA program studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar yang mengontrak mata kuliah kajian IPA Sekolah 1 pada semester tiga. Mahasiswa tersebut berasal dari dua kelas yaitu kelas B dan C. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga kali pembelajaran dengan menggunakan praktikum yang sama pada setiap kelasnya, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan format analisis kualitas keterampilan bertanya diadaptasi dari Coutinho dan Almeida. Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa lebih dominan mengajukan pertanyaan pemahaman. Dan tidak terdapat mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dengan tingkat kognitif tinggi. Hal ini berarti kemampuan mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan tingkat kognitif tinggi masih perlu dilatihkan dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kategori kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru IPA masih pada level kategori rendah
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).