Main Article Content

Abstract

Pembelajaran pada Abad ke 21 tidak hanya menuntut peserta didik menguasai materi, tetapi peserta didik juga diharapkan dapat menerapkan materi tersebut dalam bentuk keterampilan yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai pendekatan pembelajaran inovatif dapat menjadi solusi agar proses pembelajaran menjadi bermakna dan dapat melatihkan berbagai keterampilan pada peserta didik. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan oleh pendidik yaitu pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics).  Dengan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat maka dapat menunjang keberhasilan pendidik untuk meningkatkan dan menumbuhkan keterampilan berpikir   kritis   siswa  terkhusus materi IPA di SMP. Penelitian   ini   dilakukan dengan studi literatur terkait pendekatan STEM dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Artikel yang dipilih merupakan artikel yang terbit pada jurnal terindeks SINTA 1,2,3, dan 4. Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai artikel, menunjukkan bahwa pendekatan STEM dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa  dalam pembelajaran IPA SMP.

Keywords

Pendekatan STEM Berpikir Kritis Materi IPA

Article Details

How to Cite
Yanto, N., Arsyad, A. A., & Muhiddin, S. M. A. (2024). KAJIAN LITERATUR: EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(2), 165 - 170. https://doi.org/10.31605/phy.v6i2.3753