Main Article Content
Abstract
Literasi sains pada siswa SMA merupakan pengetahuan dan kemampuan sangat mendasar yang dimiliki siswa dimana menjadi tolak ukuri untuk meneruskan belajar sains dan dapat memahami lingkungan hidup serta sadar terhadap peristiwa alam yang berkaitan dengan sains. Perpindahan kalor merupakan peristiwa dimana energi kalor berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan lebih rendah. Salah satu peristiwa alam yang berkaitan dengan perpindahan kalor adalah angin darat dan angin laut. Literasi sains siswa SMA pada materi perpindahan kalor dalam peristiwa angin darat dan angin laut ini untuk mengetahui sejauh mana siswa peduli dan sadar terhadap peristiwa-peristiwa alam yang berkaitan dengan sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi siswa pada materi perpindahan kalor dalam peristiwa angin darat dan angin laut. Adapun metode yang digunakan dalam materi ini adalah penelitian dengan metode literature review. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan literasi sains siswa pada materi perpindahan kalor dalam peristiwa angin darat dan angin laut masih rendah. Hal ini dilihat dari beberapa sumber informasi yang digunakan acuan pada penelitian ini.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).