Main Article Content

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur pada hasil penelitian mengenai media pembelajaran sains berbasis e-book. Berbagai survei menunjukkan bahwa literasi di indinesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya buku. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian literatur untuk menganalisis keunggulan buku elektronik dalam upaya meningkatkan literasi di Indonesia. Kajian ini difokuskan kepada  aspek- aspek: (1) literasi mahasiswa di Indonesia, (2) insfrastruktur dan pemanfaatan buku elektronik. Hasil kajian menunjukkan bahwa buku elektronik dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan literasi sains dan literasi digital, khususnya unrtuk generasi z. selain itu, buku elektronik juga memiliki banyak keunggulan diantaranya lebih menarik, lebih mudah didistribusikan, dapat diakses dimana saja, dan lebih mudah diperbanyak  atau digandakan. Pemanfaatan buku elektronik sebagai sarana peningkatan literasi di indinesia didukung pemerintah dalam menyiapkan atau mengembangkan bahan bacaan digital dan pemerataan akses internet ke seluruh wilayah. 

Keywords

Literasi Sains Media Pembelajaran Pembelajaran IPA E-book

Article Details

How to Cite
Maula, A. N., Nasabella, N., Lajuardi, A. M., Mahardika, I. K., & Baktiarso, S. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS E-BOOK. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(2), 97 - 99. https://doi.org/10.31605/phy.v5i2.2202