Main Article Content
Abstract
Tujuan kajian ini untuk mengetahui bagaimana keterlibatan orang tua dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sains bagi anak melalui beberapa jurnal yang telah dianalisis dan diolah. Anak usia dini sebagai individu yang berada pada masa terpenting sepanjang sejarah hidupnya yaitu masa keemasan dan peka terhadap segala stimulus yang diterimanya. Orang tua berperan dalam memberikan stimulus pada anak agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Salah satunya dengan pembelajaran sains yang dapat diberikan pada anak sedini mungkin untuk mengembangkan sikap ilmiah anak yang berguna dalam kehidupan selanjutnya. Orang tua dapat mengajak dan membiasakan anak bermain sains. Bermain sains dapat dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sekitarnya. segala benda yang ada di dekat anak, juga fenomena alam yang sering dialami dan dirasakan anak. Kegiatan sains dengan melakukan eksperimen menjadikan anak dapat berpikir logis, sistematis, dan kritis.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).