Main Article Content
Abstract
Bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ yang dilakukan dengan menggunakan metode reaksi padatan dengan total lama pemanasan 18 jam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui struktur kristal bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ dengan karakterisasi XRD dan mengetahui morfologi serta perbandingan jumlah atom dengan karakterisasi SEM-EDAX. Bahan paduan oksida yang disintesis adalah Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ dengan menggunakan bahan dasar Nd2O3 99.99%; BaCO3 99.98%; CuO 99.99% dan Fe 99.99%, bahan dasar tersebut dicampur dan digerus selama 3 jam kemudian dikalsinasi selama 6 jam. Hasil kalsinasi digerus ulang selama 3 jam kemudian disintering selama 6 jam dan dilanjutkan dengan annealing selama 6 jam. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan terbentuknya fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ, selanjutnya hasil analisis rietveld dengan menggunakan aplikasi Rietika diperoleh niai Gof 1,497% dan hasil refinement menunjukkan struktur kristal dari fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ adalah ortorombik dengan ukuran kristal dan FWHM yang diperoleh sebesar 6,2 Å dan 0,21 serta diperoleh konstanta kisi fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ yaitu a = 3.9031Å, b = 3.9072Å dan c = 11.6790Å. Hasil SEM-EDAX menunjukkan bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ berbentuk klaster-klaster dan perbandingan jumlah atom setelah sintesis yaitu Nd: Fe:Ba:Cu = 1: 0,22 : 1,51 : 2,88.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).