Main Article Content

Abstract

Laboratorium merupakan tempat dilakukannya percobaan, penyelidikan atau kegiatan ilmiah. Kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh sebiah laboratium untuk menunjang proses pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis standar dan pemanfaatan laboratorium terhadap pengalaman belajar siswa di SMAN 4 Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan analisis standar, fungsi dan pemanfaatan laboratorium di SMAN 4 Jember belum memeuhi standar, dikarenakan masih banyak hal yang masih perlu perhatian seperti perlengkapan praktikum dan penjadwalan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan sumber daya dan fasilitas laboratorium di beberapa sekolah.

Keywords

Standar Laboratorium Pemanfaatan Laboratorium SMAN 4 Jember.

Article Details

How to Cite
Novianti , R. D., Farhana, S. S., Saragih, D. F., Mauladhani, A. E., Maula, A. N., Amindri, M. Y., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2023). ANALISIS STANDAR DAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM FISIKA TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 JEMBER . PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 6(1), 1 - 5. https://doi.org/10.31605/phy.v6i1.3113