Main Article Content
Abstract
Sampah merupakan permasalahan terbesar yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu jumlah sampah akan semakin menumpuk dan terjadi penimbunan sampah. Sampah memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan maupun kesehatan. Sampah dibagi menjadi beberapa kelompok, salah satu jenis sampah adalah sampah an organik da yang paling banyak adalah sampah plastik. Sampah plastik merupakan jenis sampah yang berbahaya karena sulit terurai. Sampah plastik bisa terurai hingga berjuta juta tahun. Sampah plastik sangat berbahaya bagi kesehatan ketika dibakar, karena dapat mengganggu kesehatan manusia. Meminimalisir penimbunan dan pencemaran dari sampah plastik ini salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi sumber energi alternatif. Sampah plastik bisa diolah dengan beberapa metode, diantaranya metode pirolisis, Proses Hydrotreating dan Hidro-isomerisasi, selain itu untuk mengurangi sampah plastik biasanya dengan mengolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Dengan melakukan pengolahan sampah plastik melalui metode – metode tersebut, Diharapkan sampah plastik yang selama ini menjadi permasalahan Masyarakat bisa di ubah menjadi energi alternative. Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengolahan sampah plastik sebagai sumber energi alternatif. Metode yang digunakan adalah study literatur yaitu dengan mengolah dan menganalisis data dari peneliti sebelumnya.
Keywords
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).