Implementasi Edukasi Video Learning Multimedia (VLM) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Di SD Negeri 24 Batutaku Kabupaten Majene

  • Mawarwati Munir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Barat
Keywords: video learning multimedia, English vocabulary mastery, elementary school.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Video Learning Multimedia (VLM) terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa di SD Negeri 24 Batutaku, Kabupaten Majene. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental satu kelompok pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen tes penguasaan kosakata yang diberikan sebelum dan setelah intervensi. Karena data tidak memenuhi asumsi normalitas, analisis statistik dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis VLM memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa. Dengan demikian, VLM dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk diaplikasikan pada jenjang sekolah dasar

References

Archielian Satrio Putro Pambudi, Anastasya Benny Pratama, & Nensy Megawati Rante Sampebua, M., Tanjung, R. H. R., & Sampebua, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Phone Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Siswa SD Di Papua. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 7, Issue 2).

Bai, Z. (2018). An Analysis of English Vocabulary Learning Strategies. Journal of Language Teaching and Research, 9(4), 849. https://doi.org/10.17507/jltr.0904.24

Basori, M. (2016).Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/211

Fadilla, S. A., Agustina, A. E., Rahmawati, A. N., Kartika, A. D., Zahro, F., Asyikhah, D., Afifah, N., & Mudzkiyyah, L. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sd Negeri Kalibanteng Kidul 03 Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 8(1), 137–146. https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1212

Fauziah, F., Darmawan, D., & Rahadian, D. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Kata Siswa (Vol. 7, Issue 2)

Kaharuddin, A. H. K., & Sapriadi, S. (2023). Penerapan Media Gambar terhadap pembelajaran Kosa Kata bahasa Inggris dasar pada siswa kelas V SD 268 Mallahae. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i1.1871

Rante Sampebua, M., Tanjung, R. H. R., & Sampebua, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Phone Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Siswa SD Di Papua. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 7, Issue 2).

Rante Sampebua, M., Tanjung, R. H. R., & Sampebua, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Phone Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Siswa SD Di Papua. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 7, Issue 2).

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359

Rante Sampebua, M., Tanjung, R. H. R., & Sampebua, A. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Phone Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Siswa SD Di Papua. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 7, Issue 2).

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653

Saptiani, L., Permata, C., Permanawati, C. E., Andyni, D. D., Magister, M., & Bahasa, P. (n.d.). Efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa tingkat sekolah dasar.

Syahid, A., Maulana, A., Zidan, M. R., Julianto, A., Darma, R. N., & Basahil, A. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD. Landmark, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.37253/landmark.v2i1.8915

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Di Tinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Published
2025-06-19