Main Article Content

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di level Sekolah Dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun kemampuan dasar berbahasa dan berpikir anak didik. Bahasa Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan aspek-aspek intelektual, sosial, emosional, serta untuk membentuk karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan pentingnya pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD agar lebih sesuai dengan konteks kehidupan siswa, bersifat kreatif, memiliki makna, dan mudah dimengerti. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (Library Research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, termasuk artikel jurnal ilmiah dan buku yang diterbitkan dalam periode lima tahun terakhir (2020-2025). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan dalam pengajaran Bahasa Indonesia dapat dicapai melalui peningkatan keahlian pendidik, penggunaan metode dan sarana pengajaran yang kreatif, serta penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui aktivitas berbahasa. Dengan pengembangan pembelajaran yang tepat, proses pembelajaran Bahasa Indonesia bisa berfungsi sebagai fondasi yang penting untuk memperkuat keterampilan membaca dan menulis, membangun karakter, serta mendukung keberhasilan siswa dalam berbagai mata pelajaran. Oleh karena itu guru harus mengembangkan pembelajaran bahasa indonesia terkhususnya di sekolah dasar, agar pembelajaran bisa lebih baik dan memenuhi kebutuhan peserta didik. 

Keywords

Pengembangan Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Article Details

Author Biography

Rahma Ashari Hamzah, Universitas Islam Makassar

Rahma Ashari Hamzah, S. Pd., M. Pd. 

References

  1. Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
  2. Anggraini, S. (2025). Pentingnya Peran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. JUPERAN: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 04(01), 226–232.
  3. Daulay, E., Febriana, I., Tarigan, A., Siregar, A., Sembiring, E., & Damanik, H. (2025). 106.+Jurnal+Sinta+B.Indo. 8, 2839–2845.
  4. Decenni Amelia. (2024). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Issue 1).
  5. Fadhillah, D., Witantri, L., & Halim, P. I. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah.
  6. Florensia K. Lamanele1, Daisy S. M. Engka2, A. L. C. P. L. (2024). 3 1,2,3. 24(1), 25–36.
  7. Iqbal, A., & Zulfianita, E. (2023). Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. International Conference on Humanity Education and Sosial, 2(1), 11.
  8. Kemendikbud. (2022). Bahasa Indonesia Fase A - Fase F. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 6.
  9. Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
  10. Nugraha, F., & Auliani, T. (2023). Studi Literatur: Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daya Literasi Indonesia. Jurnal PGSD UNIGA.
  11. Nurfitria, Ilahi, D. A., & Pramudya, A. D. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. 26(1), 5747–5758.
  12. Nurjannah, Z., Apriyani, A., Aprilia, R., & Nurfitria. (2025). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar : Strategi Tantangan dan Solusi. 5(3).
  13. Putriyana, F., Agusdianita, N., & Desri, D. (2024). Pentingnya Penggunaan Teknologi Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 633–641. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91635
  14. Rahmanida Nst, A., Siregar, A. R. F., & Syaputra, E. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 190–204. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2483
  15. Sukasih, S., & Purwati, P. D. (2024). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
  16. Sulastri, Lian, B., & Liza, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Melalui Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar. 10(September).
  17. Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
  18. Tarigan, Y. H., Cipta, H. N., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Kegiatan Pemebelajaran Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 829–842.
  19. Umina, S. (2020). Latar Belakang Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.
  20. Yanti, N., Suhartono, & Kurniawan, R. (2020). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa FKIP Universitas Bengkulu. 17(2), 5–9.