Main Article Content
Abstract
Kebisingan adalah salah satu polusi yang sangat dapat mengagangu tingkat kenyamanan di dalam suatu ruang. Gangguan bunyi dapat berasal dari dalam maupun luar bangunan. Pemilihan material yang kurang tepat juga menjadi penyebab kebisingan. Peredam bunyi adalah sebuah benda yang dapat menghambat gelombang suara / bunyi. Potensi limbah sumber daya alam di indonesia khususnya limbah kayu-kayuan sangat melimpah. Selama ini pemanfaatannya banyak dan memiliki nilai jual yang tinggi, salah satunya adalah serutan kayu matoa (Pometia pinnata). Pada penelitian ini bertujuan membahas tentang karakteristik kedap suara dengan pemanfaatan limbah serbuk gergaji sebagai bahan pembentuknya. Pada kajian ini serbuka gergaji juga memenuhi persyaratan penting dari karakteristik dasar bahan akustik, memiliki sifat penyerapan bunyi yang baik dan juga merupakan bahan optimal dalam membuat peredam suara. Tingkat kepadatan serbuk gergaji yang sudah dikeringkan akan semakin membuat serbuk gergajiĀ menjadi bahan yang dapat meredam bunyi dengan cukup baik. Pengukuran nilai koefisien absorpsi material serbuk gergaji menggunakan metode tabung impendansi. Nilai koefisien absorpsi dari serbuk gergaji yang dijadikan sampel pada penelitian ini memiliki nilai di atas 0,5 sehingga material serbuk gergaji baik digunakan sebagai material peredam suara.
Article Details
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).