ANALISIS ARUS DAN TEGANGAN PADA RANGKAIAN SERI DAN PARALEL BERDASARKAN HUKUM OHM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kuat arus, tegangan listrik, dan hambatan dalam penerapan Hukum Ohm pada rangkaian seri dan paralel. Eksperimen dilakukan menggunakan resistor dengan nilai tertentu yang disusun dalam kedua jenis rangkaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangkaian seri, arus listrik tetap konstan sementara tegangan terbagi sesuai dengan nilai resistansi masing-masing komponen. Sebaliknya, pada rangkaian paralel, tegangan tetap konstan pada setiap cabang, sedangkan arus terbagi sesuai dengan nilai resistansi cabang tersebut. Perbedaan nilai resistansi total antara rangkaian seri dan paralel juga dikonfirmasi, dengan rangkaian paralel memiliki nilai resistansi total yang lebih kecil dibandingkan dengan rangkaian seri. Temuan ini mendukung validitas Hukum Ohm serta memberikan wawasan tentang distribusi arus dan tegangan dalam berbagai konfigurasi rangkaian listrik, yang berguna dalam aplikasi kelistrikan dan pembelajaran fisika.
Authors who publish in PHYDAGOGIC agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the PHYDAGOGIC right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0). This license allows anyone to compose, improve, and make derivative works non-commercially, and while they must credit you and gain no commercial advantage, they are not required to license derivative works on the same terms as the original work. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in PYDAGOGIC. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).